5 Kiat Pulang Kerja Tepat Waktu, Kamu Pasti Bisa!

- Rabu, 11 Maret 2020 | 21:17 WIB
Ilustrasi bekerja di kantor (THEMUSE)
Ilustrasi bekerja di kantor (THEMUSE)

Bisa pulang tepat waktu sepertinya jadi hal yang paling didambakan setiap karyawan yang bekerja. Bak suatu kemewahan, tak sedikit orang yang berlomba-lomba demi bisa pulang cepat. Aktivitas yang dilakukan usai pulang kerja tepat waktu pun bermacam-macam, misalnya ingin nongkrong bareng teman, menghindari macet sampai terbayang nyamannya kasur di rumah.

Dilansir dari The Muse, ternyata ada cara jitu lho supaya kamu bisa pulang tepat waktu tanpa di nyinyirin rekan sekantor.

1. Perhatikan jam kedatangan di kantor

-
Ilustrasi bekerja (Pexels/Burst)

Usahakan untuk selalu datang tepat waktu. Kebiasaan datang tepat waktu akan memudahkan kamu untuk pulang tepat waktu pula. Pekerjaan juga bisa selesai dengan cepat. Atur jam keberangkatan, apabila terjadi insiden di jalan tidak akan memengaruhi jam masuk kantor. Cobalah untuk menjadikan kesempatan ini sebagai target harian kamu.

2. Tentukan aktivitas prioritas kamu

-
Ilustrasi jam kerja (Unsplash/Kelly Sikkema)

Sebelum memulai bekerja, sebaiknya kamu memilah pekerjaan mana yang harus didahului. Hal ini guna mempersingkat waktu pengerjaan. Dengan begitu kamu akan terhindar dari masa lembur.

3. Rapikan meja kerja

-
Ilustrasi sedang bekerja (Pexels/Bruce mars)

Berusahalah agar tampil rapi dimana pun termasuk meja kerjamu. Simpan semua barang termasuk dokumen penting di tempatnya, misalnya laci atau lemari. Bila sudah teratur seperti ini, nggak akan ada lagi waktu yang terbuang percuma untuk mencari barang-barang.

4. Bersosialisasi dengan rekan kerja dengan baik

-
Ilustrasi bekerja (Unsplash/@brookecagle)

Memiliki target pulang cepat bukan berarti kamu menarik diri dari pergaulan di kantor lho. Kamu nggak perlu terlalu sibuk bekerja sampai lupa berbincang dengan rekan kerja. Bangunlah hubungan yang dekat dan akrab, sesekali mengobrol boleh saja. Bicara sopan dan seadanya, tak perlu berlarut demi menghemat waktu yang kamu miliki.

5. Terapkan sistem kerja 20/80

-
Ilustrasi bekerja (Istimewa)

Kamu bisa menerapkan pola kerja 20/80, dimana kamu harus menyelesaikan 20 persen dari 100 persen pekerjaanmu dengan baik. Sedangan 80 persen lainnya, buatlah ekspektasi sebagi pemacu mengerjakan semua pekerjaan dengan baik. Hindari aktivitas yang membuang waktu guna mencapai sistem 20/80 saat bekerja.

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Terkini

Ada dari Sumatra, Ini 3 Smart City di Indonesia

Minggu, 28 April 2024 | 11:35 WIB

Kemnaker Luncurkan Program K3 Nasional 2024-2029

Kamis, 25 April 2024 | 21:56 WIB
X