The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Introvert Merupakan Pendengar yang Baik, Benarkah?
Ilustrasi wanita introvert. (freepik)
Life

Introvert Merupakan Pendengar yang Baik, Benarkah?

Ini penjelasannya.

Selasa, 04 Agustus 2020 12:30 WIB 04 Agustus 2020, 12:30 WIB

INDOZONE.ID - Memiliki orang terdekat yang dikenal introvert memang menjadi tantangan tersendiri buatmu. Sebab saat kamu benar-benar membutuhkannya untuk terlibat dalam sebuah kegiatan yang mengharuskannya bertemu dengan banyak orang, kamu akan mendapatinya menghilang bagai disapu angin ataupun ia akan menolak mentah-mentah untuk mengiyakan ajakanmu tersebut.

Tetapi di sisi lain, memilikinya sebagai orang terdekatmu bisa membuat dirimu lebih mengerti tentang makna dihargai dan menghargai. Orang-orang introvert cenderung mendiamkan sebuah kejadian terlebih dahulu sebelum akhirnya ia ikut mengomentari hal tersebut.

Baginya, tak ada yang lebih baik dari memerhatikan dengan saksama kemudian memberikan tanggapan. Para introvert juga enggan mencampuri urusan orang lain yang bukan menjadi wewenangnya karena mereka berprinsip untuk tak ikut campur bila memang tak diminta. Dan hal tersebut merupakan komitmen yang mereka pegang dengan teguh sebagai bentuk saling menghargai privasi orang lain.

Kemudian, saat kamu memiliki segudang masalah dan meminta si introvert untuk membantu menemukan jalan keluarnya, kamu akan takjub dan tak menyangka ketika mendengar saran darinya. Kamu pun tak akan percaya jika ia sanggup memberikan jalan keluar yang dibutuhkan.

Ini semua terjadi karena para introvert lebih banyak mendengarkan keluhan dan permasalahan orang di sekitarnya kemudian mereka rangkum seluruhnya untuk diolah menjadi saran penyelesaian yang tak terduga. Para introvert umumnya juga memiliki kemampuan mendalam untuk memahami, mendengarkan dan menyampaikan wawasan yang berbeda.

Tak salah jika predikat pendengar yang baik disematkan kepada para introvert dalam kesehariannya. Jadi, kalau kamu memiliki kedekatan dengan mereka, bersyukurlah. Sebab mereka akan lebih setia bersamamu, apapun kondisinya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Yulia Marianti
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US