The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengalami Dehidrasi? Atasi dengan Konsumsi Makanan Ini
Ilustrasi Orang Dehidrasi. (photo/ilustrasi/freepik)
Health

Mengalami Dehidrasi? Atasi dengan Konsumsi Makanan Ini

Senin, 08 Februari 2021 13:37 WIB 08 Februari 2021, 13:37 WIB

INDOZONE.ID - Tubuh manusia mengandung banyak cairan, sehingga harus dipastikan untuk selalu tercukupi. Saat tubuh kekurangan cairan, tubuh akan mengalami dehidrasi. Untuk mengatasi dehidrasi, tubuh tidak hanya membutuhkan air minum, melainkan juga mineral dan vitamin lainnya untuk menjaga fungsi kerja tubuh.

Beberapa buah dan sayur ini dapat kamu makan ketika mengalami dehidrasi. Kandungan-kandungan buah dan sayur inilah yang membuat tubuh menyerap dan menyimpan cairan lebih baik daripada hanya meminum air saja. Lalu apa saja buah dan sayur yang dapat mengatasi dehidrasi?


Semangka, pepaya dan melon
Sekitar 90% komposisi ketiga buah ini terdiri dari air. Fakta lain, semangka mengandung likopen yang bermanfaat melawan kanker. Diketahui jumlahnya lebih banyak dibandingkan tomat. Selain itu, semangka juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin C, vitamin A, Vitamin B5, mangan dan kalium.

Belimbing
Sebagaimana tiga buah di atas, belimbing mengandung lebih dari 90% air. Selain dimakan sebagai buah potong, buah yang kaya antioksidan ini banyak ditemukan dalam rujak. Namun kandungan asam oksalat di dalamnya membuat belimbing sebaiknya tidak dikonsumsi pengidap gangguan ginjal.

Baca Juga: Penderita Vertigo, Makanan dan Minuman Ini Sebaiknya Dihindari

Anggur
Selain menurunkan kadar kolesterol, buah anggur mengandung sekitar 90% cairan.

Stroberi
Semua buah kelompok beri ternyata baik untuk mencegah dehidrasi. Namun dari semuanya, stroberi merah adalah yang paling banyak mengandung cairan, yaitu sebanyak 91%.

Mentimun
Buah atau sayur mentimun yang sering menjadi komponen utama lalapan dan paduan dalam salad ini mengandung sekitar 96% cairan.

 Selada
Selada biasa diselipkan ke dalam sajian burger atau paduan sayuran lain sebagai pendamping makanan utama. Selada sangat tinggi kandungan cairan, mencapai 95%.

Tomat
Memadukan tomat dalam salad atau sebagai bagian lalapan bisa membuat Anda mendapatkan cairan dalam kadar lebih dari 90% cairan.

TAG
Ferry Andika
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US