The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tetap Bisa Donor Darah saat Pandemi Virus Corona, Begini Penjelasan PMI
Ilustrasi donor darah. (Pixabay)
Health

Tetap Bisa Donor Darah saat Pandemi Virus Corona, Begini Penjelasan PMI

Ini prosedurnya.

Selasa, 12 Mei 2020 16:59 WIB 12 Mei 2020, 16:59 WIB

INDOZONE.ID - Kegiatan positif yang memberikan bagi fisik dan mental adalah donor darah. Meski sedang dilanda pandemi virus corona, kita tetap bisa lho menjalani rutinitas donor darah seperti hari-hari sebelumnya.

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah kondisi tubuh. Pastikan tubuh sedang dalam kondisi sehat dan bugar. Misalnya kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi tinggi.

Mengutip dari laman video Instagram @palangmerah_Indonesia, dr. Salimar Salim menjelaskan bahwa seseorang yang hendak melakukan donor sangat diperbolehkan asalkan telah memenuhi kriteria yang telah disebutkan tadi. Bahkan, PMI telah mencanangkan sebuah gerakan donor darah aman pada masyarakat. Mengingat situasi PMI saat ini sedang mengalami penurunan sebanyak 30 persen.

"Bila biasanya PMI mendapatkan 1000 kantong darah per hari, saat pandemi hanya bisa dapat sekitar 300 kantong darah," kata dr. Salimar Salim melalui video IGTV, dikutip Selasa (12/5/2020).

Berikut ini protokol aman mendonorkan darah di tengah situasi sulit wabah virus corona.

1. Setiap pasien yang datang ke PMI akan dilakukan pengecekan suhu tubuh. Standar yang ditetapkan badan kesehatan dunia (WHO) adalah 37,5 derajat.


2. Apabila pendonor melebihi suhu tubuh yang sudah ditentukan maka PMI akan memberikan izin pulang ke rumah dan membekalinya dengan masker.

"Kami berusaha memberikan pelayanan sekaligus perlindungan terbaik bagi masyarakat. Jika suhu tubuhnya mencukupi untuk donor, maka kami akan melanjutkan protokol selanjutnya yakni cuci tangan, penggunaan masker dan pemberian hand sanitizer pada pendonor," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US