The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah Alasan Mengapa Kita Suka Pusing Kalau Ganti Kacamata Minus Baru
Ilustrasi wanita merasa pusing saat pakai kacamata baru. (Pexels)
Health

Inilah Alasan Mengapa Kita Suka Pusing Kalau Ganti Kacamata Minus Baru

Jumat, 09 Desember 2022 21:15 WIB 09 Desember 2022, 21:15 WIB

INDOZONE.ID - Tunjuk tangan! Siapa yang di sini punya mata minus, silinder atau apapun itu yang mengharuskan kita pakai kacamata? Pasti para pejuang kacamata punya satu masalah yang sering banget dirasain yaitu, merasa pusing waktu ganti kacamata baru dengan level minus atau silinder yang bertambah. Tapi, kira-kira kenapa, ya?

Sebenarnya alasan itu simpel, pada dasarnya mata dan otak kita ini cuma butuh adaptasi atau penyesuaian terhadap perubahan mendadak dalam koreksi penglihatan. Selain itu, mata kita juga perlu menyesuaikan untuk menerima gambar atau wujud objek yang menjadi lebih tajam ketika memakai kacamata yang baru.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Sering Bermain Gadget

Itulah kenapa, kerap kali kita merasa pusing akibat tegangnya otot mata. Sebab, terkadang mata kita menghadapi masalah dalam mengidentifikasikan seberapa dekat dan jauh jarak objek yang dilihat.

Apakah normal merasa pusing saat memakai kacamata baru? Jawabannya adalah "iya". Dikutip melalui Lensmart, kondisi ini normal dan akan mereda dalam satu sampai dua minggu, tergantung pada usia dan astigmatisme (gangguan penglihatan akibat kelainan pada kelengkungan kornea atau lensa mata) seseorang.

Baca Juga: Rutin Minum Jus Wortel Bisa Turunkan Mata Minus Anak, Benarkah?

Nah, beberapa tips yang bisa dilakukan untuk setidaknya mengurangi rasa pusing tersebut alangkah lebih baik untuk tidak kembali bergantian memakai lensa kacamata yang lama, karena justru malah bisa merusak proses adaptasi tersebut. Selain itu, usahakan untuk tidak langsung bergerak (atau berpindah tempat) ketika pertama kali memakai kacamata baru.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Biar Tetap Kece

Penulis: Jihan Rienita

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone Media
Indozone
Indozone Media
Editor
Indozone
Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US