The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Minum Lebih Banyak Air Dapat Turunkan Berat Badan, Begini Caranya
Ilustrasi minum air putih. (Pexels/Daria Shevtsova)
Health

Minum Lebih Banyak Air Dapat Turunkan Berat Badan, Begini Caranya

Coba yuk.

Rabu, 04 Agustus 2021 06:01 WIB 04 Agustus 2021, 06:01 WIB

INDOZONE.ID - Banyak mengonsumsi air minum dianggap dapat membantu menurunkan berat badan. Bahkan, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa hal itu bermanfaat untuk memelihara berat badan.

Dilansir dari Healthline, minum air dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar, yang disebut sebagai pengeluaran energi istirahat.

Pada orang dewasa, pengeluaran energi saat istirahat telah terbukti meningkat 24-30 persen dalam waktu 10 menit setelah minum air. Proses ini berlangsung setidaknya selama 60 menit.

Penelitian yang dilakukan terhadap anak-anak yang kelebihan berat badan dan obesitas juga menemukan peningkatan 25 persen dalam pengeluaran energi istirahat setelah minum air dingin.

Penelitian lain yang dilakukan terhadap wanita dengan berat badan berlebih melihat efek peningkatan asupan air hingga lebih dari 1 liter per hari. Mereka menemukan bahwa selama periode 12 bulan, menghasilkan tambahan penurunan berat badan sebanyak 2kg.

Karena para wanita tersebut tidak melakukan perubahan gaya hidup apa pun kecuali minum lebih banyak air, hasil penelitian ini dianggap sangat mengesankan.

Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa minum 0,5 liter air menghasilkan 23 kalori ekstra yang terbakar. Jadi, setiap tahun, jumlah itu mencapai sekitar 17.000 kalori atau lebih dari 2kg.

Hasil ini disebut lebih mengesankan ketika air yang diminum adalah air dingin. Sebab, saat minum air dingin, tubuh menggunakan kalori ekstra untuk menghangatkan air hingga mencapai suhu tubuh.

BACA JUGA: Sejumlah Manfaat Salmon yang Bikin Kamu Makin Sehat

Minum Air Sebelum Makan

Minum air sebelum makan diklaim dapat mengurangi nafsu makan. Tapi studi memperlihatkan bahwa cara ini berpengaruh hampir secara eksklusif terhadap orang dewasa, paruh baya, dan lebih tua,

Pada mereka, minum air sebelum makan dapat meningkatkan penurunan berat badan sebesar 2kg selama periode 12 minggu.

Studi lain menunjukkan bahwa minum air sebelum sarapan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan sebesar 13 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US