The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tradisi Empat Padduen, Cara 'Mistis' Turun-temurun Agar Hasil Tanam Melimpah
Tradisi Empat Padduen. (Z Creators/Dwi Rendra)
Fakta Dan Mitos

Tradisi Empat Padduen, Cara 'Mistis' Turun-temurun Agar Hasil Tanam Melimpah

Kamis, 08 Desember 2022 14:55 WIB 08 Desember 2022, 14:55 WIB

INDOZONE.ID - Empat Padduen merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan di tempat-tempat keramat ketika memasuki musim tanam. Lokasi untuk menggelar tradisi ini jauh dari pemukiman sehingga harus berjalan selama dua jam ke atas bukit.

Tradisi selamatan ini enggak cuma dilakukan perorangan saja. Mereka melakukan selamatan secara gotong-tradisroyong tanpa ada paksaan dari siapapun. 

Dipimpin oleh tokoh masyarakat, sejumlah warga di Desa Selobanteng, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur berbondong-bondong membawa sesajen. 

Mereka melakukan berdoa bersama bertujuan untuk mengharapkan hasil melimpah saat panen. Tradisi ini biasanya dilakukan setiap minggu saat awal petani menanam tanaman. 

“Saat dilakukan selamatan, setiap orang membawa hidangan masing-masing. Setelah itu dimakan bersama setelah didoakan oleh sesepuh di desa. Kalau masih ada sisa makanan, biasanya makanan ditukar dengan satu sama lain,” ungkap Priyanto, warga setempat.

tradisi empat padduen
Warga Situbondo bawa sesaji untuk Tradisi Empat Padduen. (Z Creators/Dwi Rendra)

Priyanto juga mengatakan bahwa saat musim panen bakal ada lagi selamatan Padduen. Itu dilakukan sebagai rasa syukur setelah tanaman yang dipanen selamat dari hama atau penyakit. 

“Model selamatan yang dilakukan tidak ada unsur membuang-membuang makanan. Semuanya dilakukan secara islami hanya tempatnya saja yang dilakukan di tempat-tempat tertentu,” lanjut Priyanto.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Dwi Rendra Sandy Farandika
JOIN US
JOIN US