Deddy Corbuzier Berpangkat Letkol Tituler TNI AD, Apa Sih Maksudnya?

- Selasa, 13 Desember 2022 | 11:14 WIB
Menhan Prabowo Subianto dan Deddy Corbuzier (Instagram/@mastercorbuzier)
Menhan Prabowo Subianto dan Deddy Corbuzier (Instagram/@mastercorbuzier)

Selebritas Deddy Corbuzier mendapatkan pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler TNI Angkatan Darat (AD). Apa sih makna dari pangkat tersebut?

Melansir dari KBBI, Selasa (13/12/2022), tituler berarti berkaitan dengan pangkat atau gelar kehormatan yang dperoleh tanpa menjalankan tugas jabatan sebagai yang tersebut pada gelarnya.

Pemberian pangkat tituler diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 soal Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pasal 27 Ayat (1) huruf c Undang-Undang TNI menyebutkan, pangkat tituler diberikan untuk sementara kepada warga negara yang diperlukan dan bersedia menjalankan tugas jabatan keprajuritan tertentu di lingkungan TNI, berlaku selama masih memangku jabatan keprajuritan tersebut, serta membawa akibat administrasi terbatas.

Baca Juga: Bicara soal Pemimpin, Menhan Prabowo: Carilah yang Berani, Cerdas dan Visinya Tangguh

Penjelasan soal pangkat tituler juga ada dalam Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit Tentara Nasional Indonesia. Dalam pasal 5 ayat (2) huruf b mengenai pangkat titular, dijelaskan bahwa pangkat tituler diberikan kepada warga negara yang sepadan dengan jabatan keprajuritan yang dipangkunya, serendah-rendahnya Letnan Dua. setelah yang bersangkutan tidak lagi memangku jabatan keprajuritan, pangkat yang bersifat tituler dicabut.

Sementara itu, Deddy Corbuzier mengumumkan dirinya menerima pangkat Letkol Tituler pada tiga hari lalu melalui instagram-nya @mastercorbuzier. Unggahan itu menampilan fotonya bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Indonesia, Prabowo Subianto.

"Kebanggaan yang luar biasa, penerimaan pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh Menhan Prabowo yang disahkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan KSAD Dudung Abdurachman," tulis Deddy Corbuzier dalam unggahan tersebut, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga: Panglima TNI dan Kepala Staf Akhirnya Rapat Bareng di DPR, Ini yang Akan Dibahas

"Ini juga artinya mengawali perjalanan baru bagi saya untuk mengemban tugas dan tanggung jawab pada NKRI secara bersih dan tidak memihak kecuali pada Pancasila," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X