Bicara soal Pemimpin, Menhan Prabowo: Carilah yang Berani, Cerdas dan Visinya Tangguh

- Jumat, 25 November 2022 | 16:28 WIB
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berbicara mengenai sosok pemimpin di dalam sebuah kelompok manusia. Menurut Prabowo pemimpin tersebut haruslah berani, cerdas dan mempunyai visi yang tangguh.

Hal itu dikatakan Prabowo saat menjadi salah satu pembicara di Idea Fest 2022 yang bertema 'Leadership in a Polarized World' di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

"Jadi carilah pemimpin yang berani, yang cerdas, yang visinya tangguh. Ini secara alamiah. Kalau bodoh, mana bisa cari solusi," tutur Prabowo.

Prabowo juga menekankan bilamana sosok pemimpin haruslah bisa memberi arah. Seperti contohnya, kata Prabowo, pemimpin tersebut bisa menjauhkan kelompoknya atau pengikutinya dari serangan binatang buas ataupun mampu memberikan arah guna mencari makan.

"Waktu manusia masih sangat primitif, kita hidup masih berkelompok 30,40 orang masih kelanjang mungkin, disitu 30-40 orang dicari siapa? Biasanya adalah orang yang bisa memberi arah untuk cari makan. Karena dulu waktu masih hunter-gether, kita cari makan dengan berburu dengan makan buah atau tanaman," tutur Prabowo.

-
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad).

 

Baca Juga: Hadiri IdeaFest 2022, Menhan Prabowo Akui Butuh Banyak Diskusi

"Pemimpin adalah yang bisa memberi arah. oh dia bisa baca dimana ada mangsa, dia biasanya fisiknua kuat, berani karena bisa hadapi binatang buas, dia mwnjadi pemimpin," tambahnya.

Selain itu, menurut Prabowo sosok pemimpin di era revolusi peetanian dan revolusi industri teknologi, digital harus bisa memberi arah yang baik bagi para pengikutinya. Bahkan harus juga mempunya naluri seperti yang dipaparkannya.

Baca Juga: Menhan Prabowo Ungkap 3 Tantangan Global yang Dihadapi Dunia, Apa Saja?

"Jadi saudara-saudara, pemimpin akhirnya adalah, manusia dalam sebuah kelompok yang bisa memberi arah untuk survival. Nanti pemimpin di antara kalian adalah siapa yg bisa memberi arah, yang bisa meyakinkan mendapat makan, air minum, tempat berlindung, dan memberi rasa aman dari ancaman manusia dan binatang buas," tandas Prabowo Subianto.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X