The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menhub Budi Karya: Jabodetaboek akan Punya 4 Stasiun Kereta Api Besar Baru
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau pembangunan Stasiun Bekasi, Minggu (18/4/2021). (ANTARA/Citro Atmoko)
Travel

Menhub Budi Karya: Jabodetaboek akan Punya 4 Stasiun Kereta Api Besar Baru

Senin, 19 April 2021 11:21 WIB 19 April 2021, 11:21 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa pemerintah akan terus membangun proyek-proyek infrastruktur seperti 4 stasiun besar baru di kawasan Jabodetabek.

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau Stasiun Bekasi yang merupakan bagian dari pembangunan jalur dwi ganda (Double Double Track/DDT) Manggarai-Cikarang, Minggu (18/4/2021).

Menhub menjelaskan DDT artinya jalur untuk kereta keluar kota dan dalam kota akan dipisahkan. Jadi akan ada 4 rel kereta yang beroperasi.

Proyek DDT Paket A tahap I Manggarai - Cikarang secara keseluruhan saat ini sudah mencapai 98 persen.

"Dirjen Kereta Api dan teman-teman secara konsisten melakukan pembangunan di Jakarta atau Jabodetabek untuk prasarana, double track, dan beberapa stasiun lebih dari Rp6 triliun," ungkap Menhub dikutip dari Antara.

Dia menerangkan, nantinya akan ada 4 stasiun besar lagi selain Stasiun Gambir dan Stasiun Senen, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Jatinegara, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Cikarang.

"Kita akan memiliki 4-6 stasiun yang dapat digunakan saudara-saudara kita yang ke arah Jawa bagian timur, Jateng, Jatim. Jadi tidak hanya bertempat di 1 tempat saja," sambungnya.

Sementara itu, mengenai modernisasi Stasiun Bekasi, ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Untuk Stasiun Bekasi, nantinya akan memiliki 4 peron dan jumlah jalur akan ditingkatkan dari 4 jalur menjadi 8 jalur.

Luas stasiun juga meningkat 2 kali lipat, dari 1.515 m² menjadi 3.600 m². Peron ditambah dari 2 menjadi 4 dengan panjang masing-masing 300 meter.

Selain itu juga akan ada 12 unit eskalator dan 6 unit lift penumpang. 

Disediakan juga fasilitas mushola, toilet, dan dua area parkir yang cukup luas. Area parkir di sisi selatan seluas 2.800 m² dan di sisi utara seluas 4.400 m².

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US