The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lakukan Terobosan Baru, Dubai Membuat Hujan Buatan dengan Menggunakan Drone
Dubai. (photo/Ilustrasi/Pexels/Ivan Siarbolin)
Travel

Lakukan Terobosan Baru, Dubai Membuat Hujan Buatan dengan Menggunakan Drone

Kamis, 29 Juli 2021 11:10 WIB 29 Juli 2021, 11:10 WIB

INDOZONE.ID - Perkembangan teknologi di Dubai sendiri sangatlah pesat. Cuaca yang panas pun berhasil diakali dengan pakai teknologi drone yang sudah bisa membuat hutan buatan. Dubai sendiri selama ini dikenal dengan kemewahannya. Tetapi, Dubai juga memiliki kekurangan, yaitu cuacanya sangat panas. 

Tetapi, berkat teknologi canggih, cuaca panas di Dubai sekarang pun bisa 'diakali'. Para ilmuwan dikerahkan untuk buat hujan buatan di Dubai dengan menggunakan drone. Seperti dilansir dari beberapa sumber, hal ini dilakukan dengan cara drone yang diterbangkan hingga ke atas ketinggian cukup untuk jangkau awan di langit. 

Kemudian, drone akan menembakkan arus listrik ke gumpalan awan. Arus listrik yang ditembakkan drone nantinya akan ubah muatan listrik yang terkandung di awan. Kemudian, awan akan mengumpulkan molekul air, hingga akhirnya terciptanya hujan. 

"Idenya adalah, kami akan menerbangkan drone ke awan dan melepaskan arus listrik untuk mencharge droplet awan," ujar Dr Keri Nicoll, salah satu ilmuwan pemimpin proyek tersebut.

Teknologi drone penyemai hujan itu sudah diuji coba di Dubai dan menuai hasil positif. National Centre of Meteorology di Uni Emirat Arab pun memamerkan hujan buatan di akun Facebook resmi mereka. Menurut laporan dari The National, pada Mei suhu udara di Dubai sendiri bisa mencapai 50 derajat Celcius. Dengan suhu sepanas itu, hujan buatan pun diharapkan bisa sedikit membantu untuk menurunkan suhu di Dubai.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US