The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lagi, Sejumlah Nomor Telepon WhatsApp Ditemukan di Google Search!
Ilustrasi logo WhatsApp dan juga Google (Ilustrasi/INDOZONE/Ferry Andika)
Tech

Lagi, Sejumlah Nomor Telepon WhatsApp Ditemukan di Google Search!

Jumat, 22 Januari 2021 11:11 WIB 22 Januari 2021, 11:11 WIB

INDOZONE.ID - Di tengah ramainya pembicaraan orang-orang terkait kebijakan baru WhatsApp yang membuat pengguna wajib membagikan datanya ke Facebook, kini muncul sebuah masalah yang bisa dibilang cukup serius dan menyangkut privasi pengguna WhatsApp.

Pasalnya diketahui bahwa saat ini sejumlah nomor telepon pengguna WhatsApp ternyata bisa ditemukan melalui layanan mesin pencari Google Search. Hal itu diungkap oleh seorang peneliti keamanan bernama Rajshekhar Rajaharia.

Melalui akun Twitter miliknya, Rajaharia menyebut bahwa dirinya telah menemukan berbagai nomor telepon WhatsApp hanya dengan mengetik sebuah keyword khusus di laman pencarian Google Search.

Diketahui bahwa nomor telepon yang muncul ini kebanyakan adalah pengguna WhatsApp yang sudah pernah menggunakan WhatsApp Web atau Desktop.

"15 Januari 2021, Jika kalian menggunakan WhatsApp Web, nomor telepon kalian bakal terindeks di Google lagi. Tidak diketahui kenapa WhatsApp masih tidak memonitor website mereka dan juga Google," tulis Rajaharia melalui akun Twitter pribadinya.

Rajaharia juga menemukan sebuah file bernama Robots.txt yang disebut sengaja dibuat WhatsApp untuk menghindari nomor telepon pengguna agar terindeks oleh Google. Namun hal tersebut ternyata tidak berfungsi sama sekali.

Disebutkan juga bahwa ini merupakan kali ketiga masalah serupa terjadi kepada WhatsApp. Masih tak diketahui dengan jelas apakah ini adalah kesalahan dari WhatsApp atau Google yang mengabaikan file Robots.txt yang sudah dibuat oleh WhatsApp.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US