The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pertama Kali Sejak 2016, Penjualan Smartphone Apple Sukses Salip Samsung!
Tampilan belakang dari smartphone iPhone 12 terbaru (photo/Unsplash/Shiwa ID)
Tech

Pertama Kali Sejak 2016, Penjualan Smartphone Apple Sukses Salip Samsung!

Selasa, 23 Februari 2021 10:38 WIB 23 Februari 2021, 10:38 WIB

INDOZONE.ID - Selama beberapa tahun belakangan ini, Samsung berhasil mendominasi pasar smartphone. Hal itu bisa terjadi karena Samsung memiliki banyak produk mulai dari smartphone low-end hingga flagship. Maka dari itulah dominasi ini tidak membuat orang terkejut lagi.

Namun apa yang membuat banyak orang terkejut saat ini adalah bagaimana Apple sukses menyalip dominasi Samsung. Ya, diketahui untuk pertama kalinya sejak tahun 2016, Apple berhasil mengalahkan Samsung.

Berdasarkan laporan dari Gartner, disebutkan bahwa Apple mengalami peningkatan penjualan smartphone sebesar 14,9% YoY (Year-on-Year), dimana Samsung mengalami penurunan penjualan sebesar 11,8%.

Disebutkan bahwa di tahun 2020 Apple berhasil meningkatkan penjualan smartphone barunya hingga sebesar 3,3% sementara Samsung justru mengalami penurunan lagi sebesar 14,6%. Padahal smartphone yang dirilis Samsung di tahun lalu juga cukup banyak.

Menurut Research Director dari Gartner, Anshul Gupta, disebutkan bahwa hal yang membuat penjualan dari smartphone buatan Apple meningkat adalah hadirnya dukungan 5G yang kini mulai dibutuhkan orang-orang.

"Penjualan smartphone 5G dan smartphone dengan kategori lower ke mid berhasil menutupi kekurangan di kuartal keempat tahun 2020," ucap Gupta dikutip dari Ubergizmo.

Namun tidak diketahui apakah nantinya Samsung berhasil menyalip kembali Apple dan mengambil lagi posisinya atau tidak. Tentu ini akan menjadi tantangan bagi Apple untuk mempertahankan dominasinya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US