The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cepat Hapus, 19 Aplikasi Android Ini Ternyata Bisa Bajak Ponselmu!
Ilustrasi lambang tengkorak berwarna merah (Ilustrasi/The Verge/Alex Castro)
Tech

Cepat Hapus, 19 Aplikasi Android Ini Ternyata Bisa Bajak Ponselmu!

Rabu, 03 November 2021 10:22 WIB 03 November 2021, 10:22 WIB

INDOZONE.ID - Perusahaan keamanan bernama Lookout baru-baru ini telah menemukan sebuah malware Trojan baru yang diberi nama AbstractEmu. Diketahui bahwa Trojan ini ditemukan di beberapa aplikasi Android dan sangat berbahaya sehingga harus cepat-cepat dihapus.

Dikutip dari Tomsguide, pihak Lookout sendiri kini sudah menemukan 19 aplikasi dari Amazon App Store, Samsung Galaxy Store, Aptoide, APK Pure, dan toko aplikasi lainnya yang berisi trojan AbstractEmu ini.

Disebutkan bahwa perangkat yang terinfeksi oleh malware ini nantinya dapat dibajak dan aplikasi yang ada di smartphone korban seperti kontak, SMS, hingga data seperti daftar panggilan, kamera, dan lokasi bisa diakses oleh Trojan tersebut.

"Ini merupakan penemuan yang signifikan karena malware tersebut didistribusikan secara luas dan memiliki kemampuan root yang saat ini cukup langka selama lima tahun terakhir," ucap Kristina Balaam dan Paul Shunk dari Lookout.

Dari 19 aplikasi yang terdeteksi oleh Lookout, pihaknya mengungkap nama dari 7 aplikasi yang hadir dengan ancaman paling berbahaya karena bisa melakukan root di perangkat korban. Berikut adalah daftarnya:

  • All Passwords, com.mobilesoft.security.password
  • Anti-ads Browser, com.zooitlab.antiadsbrowser
  • Data Saver, com.smarttool.backup.smscontacts
  • Lite Launcher, com.st.launcher.lite
  • My Phone, com.dentonix.myphone
  • Night Light, com.nightlight.app
  • Phone Plus, com.phoneplusapp

Lookout pun menghimbau kepada pengguna smartphone yang merasa pernah menginstall aplikasi tersebut sehingga langsung menghapusnya agar tak menjadi korban dari malware Trojan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US