The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Begini Cara Sederhana Cegah Karat pada Bodi Mobil
Ilustrasi bodi mobil yang terpapar karat. (Dok. Autos)
Otomotif

Begini Cara Sederhana Cegah Karat pada Bodi Mobil

Agar lebih awet.

Rabu, 24 Juni 2020 14:52 WIB 24 Juni 2020, 14:52 WIB

INDOZONE.ID - Menggunakan mobil yang telah terpapar karat di beberapa bagian tentu sangat mengganggu. Untuk itu, mencegah dan merawat mobil agar terhindar dari karat dapat dilakukan dengan perilaku parkir hingga memperhatikan karet kaca pintu agar air tidak merembes ke kabin maupun bodi.

Section Head Used Car & Body Paint Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Herli Barlian mengatakan bodi mobil yang berkarat biasanya muncul karena terkelupasnya lapisan cat pelindung metal pada mobil.

"Terkelupasnya lapisan cat pelindung metal pada mobil, yang kemudian terpapar udara luar dan air dapat menyebabkan munculnya karat. Untuk itu, cat metal pelindung bodi harus dijaga," kata Berlian di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Untuk mencegah karat pada bodi, lanjut Berlian, bisa dilakukan dengan menghindari parkir terlalu lama di tempat lembap, mencuci mobil yang terkena hujan hingga membersihkan plat bodi dengan yang mengelupas.

"Cegah karat bisa dengan segera cuci terutama bagian bawah mobil jika terkena hujan, periksa karet atau list penahan air di kaca pintu dan segera ganti jika karet sudah bocor atau tidak lentur, serta segera bersihkan plat dengan bensin supaya tidak timbul karat jika ada goresan dalam atau cat mengelupas sampai plat bodi," ujarnya.

Cara-cara sederhana ini bisa dilakukan sendiri oleh pengguna mobil agar unitnya tetap terjaga dan tidak terpapar karat, sehingga tampilan mobil tetap mulus dan kinclong lebih lama.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US