The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tak Mampu Bersaing, Sedan Civic Ditarik dari Pasar Jepang
Ilustrasi model sedan Honda Civic. (Dok. Honda)
Otomotif

Tak Mampu Bersaing, Sedan Civic Ditarik dari Pasar Jepang

Produksi dihentikan.

Rabu, 24 Juni 2020 13:06 WIB 24 Juni 2020, 13:06 WIB

INDOZONE.ID - Honda akan mengakhiri perjalanan panjang sedan Honda Civic. Mobil ini dikatakan sudah tidak potensial bersaing di pasar lokal Jepang sehingga produksinya bakal dihentikan. Dalam beberapa tahun terakhir, Civic disebutkan sudah tak mampu bersaing di tengah geliat SUV dan city car di pasar tersebut.

Mengutip Paultan, Rabu (24/6/2020), penjualannya belakangan hanya 1600-an unit kalah jauh dari model N-Box minicar yang mencapai 250 ribu unit. Meskipun demikian, sedan Civic masih punya laris di luar Jepang. Amerika misalnya.

Di negara Paman Sam ini, penjualan Civic sampai akhir tahun masih berkontribusi besar. Meskipun tidak menyebut angka detailnya, penjualan mobil Honda tetap tinggi. Sampai akhir tahun lalu mereka berhasil menjual kurang lebih 325.650 unit mobil.

Pencapaian ini cukup mengganggu keputusan Honda untuk menyetop sedan Civic, yang telah hadir sejak tahun 1972. Namun nampaknya keputusan final sudah diambil, meskipun hanya terbatas pada pasar domestik Jepang. Generasi penerusnya dimandatkan pada hatchback lima pintu dan Tipe R akan terus dijual.

Keputusan untuk mengakhiri penjualan Civic di Jepang ini adalah kejadian kedua kalinya dalam dekade terakhir ini, dimana model tersebut dihapus dari line-up lokal. Yang pertama adalah pada tahun 2010, sebelum generasi ke sepuluh yang akhirnya dikembalikan lagi ke pasar.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US