The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tesla Berencana Menambahkan Fasilitas Daur Ulang Baterai di Pabrik Shanghai!
Logo pabrikan Tesla. (photo/REUTERS/SHANNON STAPLETON)
Otomotif

Tesla Berencana Menambahkan Fasilitas Daur Ulang Baterai di Pabrik Shanghai!

Selasa, 27 April 2021 14:43 WIB 27 April 2021, 14:43 WIB

INDOZONE.ID - Menurut dokumen yang diberikan kepada otoritas Shanghai, pabrikan Tesla dilaporkan berencana menambahkan fasilitas daur ulang pada pabrik lokalnya. Menurut REUTERS dari Carscoops, fasilitas itu akan dapat memperbaiki dan memproduksi komponen utama seperti sel baterai dan motor listrik. 

Baterai adalah salah satu komponen yang paling bebani lingkungan dalam industri otomotif, jadi menemukan cara untuk kurangi dampak sangatlah penting. Memang, regulator Tiongkok menambahkan aturan untuk mendorong daur ualng komponen EV utama dalam upaya hemat bahan dan melindungi lingkungan. Pada pasar mobil terbesar di dunia, lebih dari 1,3 EV dan PHEV telah terjual tahun lalu. 

Dokumen itu juga mengungkapkan Tesla akan menambahkan lebih banyak kemampuan manufaktur ke pabriknya di Shangai. Perusahaan bisa membangun struktur mobil dan pengendal mobil listrik di sana, meskipun tidak memberikan angka apapun untuk kapasitas produksi fasilitas baru itu. 

Meski detail rencana Tesla masih belum diketahui, langkah ini telah diumumkan oleh pabrikan lain, seperti Volkswagen. Melihat hal itu, Kepala Perencanaan Teknis di Volkswagen yaitu Thomas Tiedje memberikan komentarnya.

"Tujuan kami adalah menciptakan proses melingkar kami sendiri di mana lebih dari 90 persen dari setiap baterai kami didaur ulang," ungkapnya. 

Pabrikan lain ingin menggunakan baterai otomotif dalam perangkat yang tidak terlalu menuntut setelah tidak dapat digunakan lagi dalam mobil. Baterai sendiri dapat dipreteli hingga menjadi bahan bakunya untk digunakan kembali. Volkswagen pun memperkirakan dapat hemat hingga 1,3 ton CO2 per kemasan baterai dengan menggunakan bahan daur ulang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US