Harga Sepeda Brompton Mahal
Sepeda Brompton (dok. Brompton).
Otomotif

Ternyata Ini Alasan Sepeda Brompton Dibanderol hingga Rp63 Juta

Kamis, 05 Desember 2019 05:30 WIB 05 Desember 2019, 05:30 WIB

INDOZONE.ID - Brompton Bike merupakan merek sepeda asal Inggris yang sangat terkenal di Eropa. Belakangan, sepeda lipat yang populer di Eropa ini booming di pasar Indonesia meskipun harganya mencapai puluhan juta rupiah.

Sepeda Brompton sangat mahal karena city bike ini merupakan handmade dengan tingkat presisi yang sangat tinggi. Brompton juga mejadi ikon trendy di dunia city bike karena lebih dipilih oleh pecinta sepeda dibandingkan merek lain. 

Co-founder Good Ride Bike Cafe dan Brompton Lovers, Adhi Pratama, mengatakan sepeda Brompton sangat populer di Eropa dan sejumlah negara Asia, sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

"Kenapa Brompton mahal karena sepeda ini adalah sartu-satunya sepeda lipat, yang sudah menjadi gaya hidup juga fashion bike di Eropa. Sekarang baru tren di Indonesia sehingga sudah menjamur. Meskpiun mahal tetap dibeli, apalagi orang Indonesia itu suka mengikuti tren," kata Adhi kepada Indozone, Rabu (13/11).

Adhi merupakan salah satu pengguna Brompton. Dia membeli sepeda tersebut seharga Rp18 juta di Inggris beberapa tahun lalu. Ternyata harga sepeda dengan jenis yang sama bisa mencapai Rp35 juta sampai Rp37 juta di Indonesia.

Sepeda Brompton (dok. Brompton).
Sepeda Brompton (dok. Brompton).

Alasan lain kenapa Brompton mahal karena stoknya yang sedikit. Brompton yang masuk ke Indonesia berasal dari Singapura karena di negara tersebut, sepeda itu dijual di showroom resminya Brompton Junction Singapore.

"Jadi kan Brompton itu masuk ke Indonesia dari Singapura. Kenapa dari sana, karena di sana ada Brompton Junction Singapore. Nah begitu barang masuk orang-orang Indonesia sudah nungguin dan rata-rata mereka adalah penjual yang akan melegonya dengan harga yang jauh lebih mahal. pokoknya sekarang harganya udah ngaco," beber Adhi.

Adhi punya pengalaman lain soal Brompton. Pada 2018, dia sempat mencari Brompton jenis CHPT 3 ke Inggris. Di Inggris harga sepeda ini sekitar Rp40 juta, tetapi ketika sampai di Indonesia harganya melonjak hingga Rp63 juta.

Bicara soal keunggulan, Brompton lebih unggul karena diproduksi dari hasil handmade sehingga sangat presisi dan stabil ketika digunakan. Hal ini berbeda dengan sepeda terkenal model lainnya.

"Kalau sepeda lipat yang lain dipakai itu goyang. Mau kita modifikasi bannya, shockbraker-nya atau part lainnya tetap goyang. Akan tetapi, kalau saya pakai Brompton itu gak goyang. Sangat stabil karena itu handmade, presisi sekali," ujarnya.

Selain itu, Brompton memiliki bobot yang ringan karena dibuat dari bahan titanium.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Ivanrida
Wilfridus Kolo
Ivanrida

Ivanrida

Editor
Wilfridus Kolo

Wilfridus Kolo

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU