General Motors - LG Chem Bakal Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik
Pekerja di pabrik perakitan mesin GM Romulus Powertrain Plant. (Reuters/Rebecca Cook)
Otomotif

General Motors - LG Chem Bakal Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik

Pabrik pertama hasil kerjasama.

Kamis, 05 Desember 2019 16:16 WIB 05 Desember 2019, 16:16 WIB

INDOZONE.ID - Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors (GM) menjalin kesepakatan kerjasama dengan LG Chem, perusahaan kimia asal Korea Selatan untuk memproduksi baterai kendaraan listrik. Dilansir Reuters, Kamis (5/12) komposisi modal usaha ini 50:50.

Baik GM maupun LG Chem disebut masing-masing akan menanamkan investasi sekitar US$1 miliar. Rencananya, fasilitas produksi baterai kendaraan listrik ini akan berlokasi di kawasan Lordstown, Ohio, Amerika Serikat. 

kendati demikian, baik GM maupun LG Chem belum memberikan komentar terkait kerjasama ini, saat dikonfirmasi oleh, seperti dilansir Reuters. Sumber Reuters menyebutkan kerjasama ini akan ditandatangani hari ini, Kamis (5/12).

"Pembicaraan terjadi secara teratur di industri otomotif antara berbagai mitra pada topik yang berbeda. Tetapi sebagai kebijakan, kami tidak membahas siapa, dimana atau kapan diskusi itu terjadi," kata perwakilan GM. 

Sementara itu, perwakilan LG Chem juga menolak memberikan komentar, karena kebijakan perusahaan untuk tidak mengomentari hal-hal terkait rekanan kerjasama. Selain itu, kerjasama ini juga belum diumumkan secara resmi.

Jika terealisasi, ini akan menjadi pabrik baterai mobil listrik pertama di Amerika Serikat hasil kerjasama, yakni antara GM dengan LG Chem. Ini berbeda dengan pabrik baterai mobil listrik milik Tesla, maupun pabrik milik LG Chem di Michigan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
fauzi
fauzi

Fauzi

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU