Dukung Mobil Listrik, PLN Siap Bangun 168 Charger di 13 Kota
Vice President of Technology Development and Standarization PLN, Zainal Arifin (Dok. Indozone/Wilfridus Kolo)
Otomotif

Dukung Mobil Listrik, PLN Siap Bangun 168 Charger di 13 Kota

Rabu, 04 Desember 2019 16:35 WIB 04 Desember 2019, 16:35 WIB

INDOZONE.ID - Perusahaan Listrik Nasional (PLN) akan mendukung penuh percepatan pengembangan mobil listrik atau Electric Vehicle di Indonesia dengan membangun 168 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada tahun 2020.

Vice President of Technology Development and Standarization PLN Zainal Arifin mengatakan, pada tahun ini mereka membangun beberapa SPKLU untuk mengetahui performa dari charger yang dibuat untuk mendukung mobil listrik yang sudah ada.

"Tahun ini, kami ingin mengetahui performance dari charger dan masih gratis. Nanti mulai dikomersilkan tahun depan. Jadi ini masih show case istilahnya masih  prototype, tetapi sudah dibuat untuk publik," kata Arifin di Gedung Bursa Efek Indonesia, Kawasan SCBD, Rabu (4/12).

Dalam tahap percobaan ini, pemerintah belum menentukan tarif charger mobil listrik alias masih free. Tarifnya akan diberlakukan sesuai dengan peraturan pemerintah yang sementara digodok oleh pihak terkait.

"Sebagai starting awal kita mungkin akan bangun sendiri 168 SPKLU di tahap awal. Kita akan lihat apakah EV ini akan sesuai ekspektasi kita atau kah tidak. Indikatornya tahun depan. Kalau perkembangan EV belum berkembang sesuai dengan harapan maka kita akan mereview lagi," ujarnya.

Nantinya SPKLU tidak hanya akan diprioritaskan di Pulau Jawa dan Bali, Namun, akan disebar di 13 kota di seluruh Indonesia sehingga perkembangan mobil listrik secara  bisa dimonitor secara komprehensif.

"Jadi untuk masyarakat jangan khawatir karena kita tidak akan konsen ke Jakarta atau Jawa-Bali saja. Di tahap awal kita sudah bangun di 13 kota, sesuai yang kita rencanakan," tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Astrid
Wilfridus Kolo
Astrid

Astrid

Editor
Wilfridus Kolo

Wilfridus Kolo

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU