Rangkuman! Kapolri Jawab 45 Pertanyaan dari Anggota DPR Lebih dari 10 Jam

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 09:15 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadiri rapat di DPR. (INDOZONE/Harits Tryan)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadiri rapat di DPR. (INDOZONE/Harits Tryan)

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir mengatakan bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, telah menjawab 45 pertanyaan terkait kasus penembakan Brigadir J dalam rapat dengar pendapat bersama pihaknya, Rabu (24/8/2022).

Rapat dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai dengan 20.30 WIB. Sigit mengulas tuntas perihal pertanyaan seputar kematian Brigadir J yang ditembak oleh eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

"Pak kapolri tadi telah menjawab 45 pertanyaan dari rekan-rekan anggota Komisi III dari 54 anggota yang semua melakukan pertanyaan," ujar Adies, Rabu (24/8/2022) malam.

Dia mengungkap ada banyak hal yang menjadi pertanyaan untuk kapolri. Mulai dari inti kasus kematian Brigadir J baik unsur pidana maupun obstructuin of justice, unsur turut serta.

Hingga unsur-unsur yang ada dalam perkembangannya dikaitkan dengan kasus Irjen Sambo. Semisalnya motif penembakan yang dilakukan oleh Ferdy Sambo.

"Dan apa yang menjadi keinginan daripada publik telah kami tanyakan semuanya, baik itu menyangkut motif dan lain sebagainya," urai Adies.

BACA JUGA: Kapolri Ungkap Sosok Fahmi Alamsyah, Penasihat Ahli yang Dekat dengan Ferdy Sambo

Setelah mendengar jawaban Kapolri, kata Adies, Komisi III DPR pun sepakat untuk mendukungnya dalam mengungkap tabir kebenaran ini secara profesional dan akuntabel

Ia menuturkan bahwa Komisi III mendesak Kapolri memperbaiki sistem dalam tubuh Polri secara keseluruhan. Perbaikan itu diharapkan terjadi di lingkungan Polri, baik kelembagaan ataupun kultural.

"Dan Pak Kapolri juga telah menyetujui untuk melakukan perbaikan-perbaikan di institusi kepolisian. Kemudian dengan kekompakan dan kesolidan, Pak Kapolri akan berupaya mengembalikan kepercayaan masyarakat yang agak terganggu oleh kasus tersebut," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X