Ahli Psikologi: Bharada E Berkata Jujur Cerita soal Penembakan Brigadir J

- Senin, 26 Desember 2022 | 14:38 WIB
Richard Eliezer alias Bharada E terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Richard Eliezer alias Bharada E terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Psikolog klinik dewasa, Liza Marielly Djaprie dihadirkan tim penasihat hukum Richard Eliezer alias Bharada E sebagai ahli dalam sidang kasus pembunuhan berencana terhadap Nofryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Senin (26/12/2022).

Dalam keterangannya, Liza mengungkapkan soal hasil tes assesmen terhadap Bharada E. Dia menyebut, Bharada E telah berkata jujur soal penembakan terhadap Brigadir J.

“Hasil-hasil tes di mana hasil tes kita juga ada yang namanya MNPI (minessota motivatic personality inventory) di mana dalam alat tes inventory tersebut memang kita akan mendetect level kebohongan, apakah bisa dipercaya? Realibitasnya bagaimana? Validitas hasil asesmen dia seperti apa? dan semua berada pada hasil yang baik, dalam arti Richard berkata dengan jujur, hasil-hasil asesmennya dia bisa dipertanggungjawabkan,” kata Liza di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (26/12/2022).

Baca Juga: Wisma Atlet Ditutup, Erick Thohir Kenang Gotong-royong Anak Bangsa Hadapi Pandemi

Selain itu, Liza mengatakan pihaknya juga melakukan wawancara terhadap Bharada E dan orang tuanya. Dia menjelaskan, metode wawancara tersebut adalah anamnesa dan aloanamnesa.

Hasilnya, kata Liza, tingkat kejujuran Bharada E cukup tinggi. Kejujuran itu terlihat dari pola Bharada E menceritakan peristiwa yang dialaminya secara runut.

“Gestur tubuhnya juga kita bisa membedakan mana gestur yang sedang berbohong atau tidak benar, mana gestur yang mengatakan kejujuran. Kemudian setelah itu kita cross check dengan pihak orang tua, walaupun di waktu dan tempat yang berbeda tetapi dua duanya kurang lebih mengatakan hal yang sama,” tutur Liza.

Baca Juga: Waspada! BMKG Ingatkan Hujan Disertai Kilat dan Angin Kencang Terjang Jakarta Hari Ini

Lebih lanjut Liza menyebut, Bharada E memiliki tingkat kepatuhan yang sangat tinggi. Level kepatuhan Bharada E yang tinggi membuatnya cenderung patuh pada lingkungan.

“Terlihat Richard bahwa punya tingkat kepatuhan tinggi sehingga dia punya kerentanan khusus, kecenderungan tertentu untuk lebih patuh pada lingkungan,” ungkap Liza.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X