Warga India di Amerika Siap Dukung Joe Biden Sebagai Presiden AS

- Kamis, 15 Oktober 2020 | 12:35 WIB
Capres dari Partai Demokrat Joe Biden. (REUTERS/Tom Brenner).
Capres dari Partai Demokrat Joe Biden. (REUTERS/Tom Brenner).

Menurut survey, akan ada sekitar tiga perempat warga India di Amerika akan mendukung calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat Selanjutnya. Kebanyakan dari mereka percaya bahwa negara ini telah salah arah semenjak Donald Trump memimpin. 

Salah satu indikasi komunitas warga India akan memilih Biden lantaran calon wakil yang terpilih, Kamala Harris merupakan anak dari imigran asal India. Kamala Harris juga menjadi wanita dengan kulit berwarna dan keturunan Asia yang masuk ke partai besar dan bertarung dalam pilpres. 

Mengutip Reuters, warga India di Amerika sendiri merupakan komunitas imigran terbesar kedua di Amerika Serikat dan disinyalir setidak 1% suara di pilpres 3 November mendatang. Kendati seperti itu, kedua partai yang berseteru di pilpres sama-sama melakukan pendekatan kepada komunitas tersebut. 

Survey lainnya mengatakan setidaknya ada 72% warga India yang akan memilih Biden di pilpres nanti, sementara ada 22% lainnya akan memilih Trump. Sedangkan sisanya belum bisa dipastikan akan ikutan memilih atau tidak.  

Selalu menjadi tradisi setiap pemilihan, warga India di Amerika biasanya selalu mendukung Partai Demokrat. Namun kondisi ini sempat berubah mengingat hubungan baik antara Donald Trump dan perdana menteri India Narendra Modi 

Ada spekulasi yang beredar mengingat Biden sepertinya akan sangat tegas dengan India yang dipimpin Modi. Namun hal ini bisa saja berubah. 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X