Peran 4 KKB Kelompok Joni Botak yang Baru Diciduk: Kerap Lakukan Penembakan

- Kamis, 18 Maret 2021 | 14:03 WIB
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal. (Dok. Humas Polda Papua)
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal. (Dok. Humas Polda Papua)

Sebanyak empat personel Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kali Kopi dengan pimpinan Joni Botak berhasil ditangkap Satgas Nemangkawi yang terdiri dari personel TNI-Polri. Polda Papua pun membeberkan aksi teror dari empat anggota KKB yang baru saja ditangkap.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyebut satu dari empat KKB ini terindikasi kerap menebar tembakan-tembakan. Pelaku disinyalir pernah menembak mobil polisi hingga bus PT Freeport Indonesia pada Maret 2020 yang lalu.

"Dari hasil pemeriksaan awal diketahui bahwa salah satu yang diamankan dicurigai adalah pelaku penembakan Mobil PJJ Brimob dan bus Iveco PT Freeport," kata Kombes Kamal dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (18/3/2021).

Dari hp keempat KKB tersebut, didapati foto-foto kelompok mereka yang sedang melakukan aksi penembakan. Polisi sendiri masih mendalami terkait teror-teror yang pernah dilakukan oleh para pelaku.

BACA JUGA: Sebanyak 22 Teroris di Jatim Dipindahkan ke Jakarta, Mata Ditutup, Kaki Dirantai

Selain itu, Kamal menyebut pihaknya masih mendalami keterangan dari empat KKB ini. Kini, empat KKB tersebut masih berada di kantor polisi.

"Saat ini keempat orang tersebut telah diamankan di Mapolres Mimika untuk pemeriksaan lebih lanjut," beber Kamal.

Seperti diketahui, Satgas Nemangkawi berhasil mengamankan empat anggota KKB Kali Kopi dengan pimpinan Joni Botak. Mereka diamankan di Jalan Trans Papua pada 13 Maret 2021.

Penangkapan empat KKB ini setelah Satgas melakukan pemantauan. Keempat KKB tersebut antara lain Eno Kulla (18), Ter Jangkup (23), Tinus Jangkup (17) dan Jerinus Jangkup (23).
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X