Kabar Baik! Indonesia Jadi Prioritas Arab Saudi untuk Dapat Tambahan Kuota Jamaah Haji

- Senin, 13 Maret 2023 | 13:38 WIB
Ilustrasi jamaah haji (Saudi Press Agency/Handout via REUTERS)
Ilustrasi jamaah haji (Saudi Press Agency/Handout via REUTERS)

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah, Arab Saudi, Minggu (12/3/2023). Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas persiapan penyelenggaraan ibadah haji, termasuk soal tambahan kuota jamaah calon haji.

"Di antara misi kunjungan saya ke Saudi adalah mengecek langsung perkembangan persiapan layanan dan meminta tambahan kuota jemaah haji Indonesia dan petugas. Dua hal ini kita bahas bersama Menteri Tawfiq di Jeddah," ujar Menag Yaqut dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (13/3/2023).

Baca Juga: Biaya Haji Rp69 Juta Memberatkan Rakyat, Ini Alasannya

Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa Gus Men menyampaikan bahwa Menteri Tawfiq akan memprioritaskan Indonesia untuk mendapatkan tambahan kuota jamaah calon haji.

“Alhamdulillah kita dapat kuota tambahan petugas. Indonesia juga jadi prioritas Kerajaan Arab Saudi untuk mendapat tambahan kuota jamaah," ungkapnya.

Dia menjelaskan, untuk tambahan kuota petugas akan difokuskan dalam penguatan layanan jemaah lansia. Sebab, dari 203.320 kuota haji reguler, ada lebih 64 ribu jemaah yang masuk kategori lansia.

Ditekankannya, sejak awal berkomitmen untuk memberikan perhatian kepada para jemaah lansia. Karenanya, penyelenggaraan tahun ini mengusung tagline Haji Ramah Lansia.

-
Menag Yaqut Cholil Qoumas bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah.

Lebih lanjut Yaqut menuturkan, beragam persiapan layanan pun difokuskan dalam upaya memberikan yang terbaik untuk jamaah, termasuk mereka yang lansia. 

Hal-hal detail yang menjadi perhatian, lanjut dia, antara lain penambahan toilet perempuan di Arafah dan Mina. Sebab, mayoritas jamaah Haji Indonesia adalah perempuan. Mereka juga membutuhkan waktu lebih lama saat di toilet

“Akan ada rekrutmen khusus untuk pengisian tambahan kuota petugas, dan ini difokuskan pada penguatan layanan lansia," beber dia.

Baca Juga: Kementerian Agama Usul Biaya Haji Naik, Komnas Haji Bilang Begini

Adapun terkait tambahan kuota jamaah haji, Gus Men berharap Menteri Tawfiq bisa menyampaikannya lebih awal. Sebab, butuh waktu persiapan dalam proses pengisian kuota jemaah, mulai dari penyiapan dokumen, paspor, pembiasaan, serta penyediaan layanan.

"Saya minta agar tambahan kuota jemaah tersebut disampaikan lebih awal, agar bisa terserap maksimal," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X