Kementerian Agama Usul Biaya Haji Naik, Komnas Haji Bilang Begini

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 16:12 WIB
Ilustrasi haji (Saudi Press Agency/Handout via REUTERS)
Ilustrasi haji (Saudi Press Agency/Handout via REUTERS)

Komisi Nasional Haji dan Umrah menyebut kenaikan biaya haji, yang diusulkan Kementerian Agama dalam rapat bersama Komisi VIII DPR RI, demi kemaslahatan umat dan keberlangsungan keuangan haji.

"Kenaikan biaya haji ini sulit dihindari karena dipicu oleh kenaikan berbagai komponen kebutuhan, baik di Tanah Air maupun di Arab Saudi," ujar Ketua Komnas Haji dan Umrah Mustolih Siradj, INDOZONE melansir dari ANTARA, Sabtu (21/1/2023).

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dalam rapat bersama Komisi VIII DPR RI, mengusulkan rerata biaya perjalanan ibadah haji atau Bipih Tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi sebesar Rp69.193.733 per orang.

-
Ilustrasi Haji (INDOZONE/Achmad Rafiq)

Baca Juga: Miris! Cerita Wanita Amil Jenazah Gagal Haji, Duitnya Tertahan di Travel

Rerata biaya perjalanan ibadah haji yang diusulkan mencakup 70 persen dari rata-rata Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang diusulkan Rp98.893.909 per orang atau meningkat Rp514.888 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Mustolih menyatakan, biaya kenaikan haji sebagai konsekuensi yang sulit dihindari, terutama jika pembandingnya dengan menggunakan acuan biaya sebelum pandemi pada 2019.

"Biaya angkutan udara karena avturnya juga naik, hotel, pemondokan, transportasi darat, katering, obat-obatan, alkes dan sebagainya, belum lagi pengaruh inflasi, sehingga biaya haji mesti beradaptasi atas situasi tersebut," katanya.

Rancangan biaya yang diusulkan Menag, kata dia, sebagai upaya rasionalisasi, keberlangsungan, dan kesehatan keuangan. Sebab, katanya, selama ini subsidi ke BPIH yang ditopang dari subsidi dana berasal dari imbal hasil kelolaan keuangan haji terlalu besar dan cenderung tidak sehat.

"Maka itu,harus ada langkah berani untuk mengoreksi dan menyeimbangkan. Hak dan kepentingan jutaan jamaah haji tunggu juga harus dilindungi," kata dia.

Namun, Mustolih berharap, usulan kenaikan biaya haji masih bisa diturunkan dengan melakukan efisiensi menyisir komponen-komponen biaya yang bisa dipangkas tanpa mengurangi dan berdampak pada kualitas pelayanan penyelenggaraan haji.

Dia juga berharap, soal dana haji tidak hanya biaya haji reguler yang disampaikan ke publik, tetapi penyelenggaraan biaya haji khusus yang dikelola travel (penyelenggara ibadah haji khusus).

Baca Juga: Jemaah Umrah Punya Komorbid Disarankan Tetap Vaksin Meningitis

"Juga penting untuk dipublikasikan karena ada ribuan orang menjadi calon jamaah haji khusus," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X