Wakapolri: Tujuan Operasi Yustisi untuk Kurangi Penularan Virus Corona

- Jumat, 11 September 2020 | 12:54 WIB
Operasi Yustisi di Stasiun Tanah Abang. (Dok. Humas Polda Metro Jaya)
Operasi Yustisi di Stasiun Tanah Abang. (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Polri di seluruh Indonesia sudah mulai menggelar operasi pendisiplinan masyarakat bernama Operasi Yustisi dengan sasaran masker. Polri menyebut operasi ini tidak serta merta menyusahkan masyarakat bahkan hanya untuk mengurangi penularan virus corona.

"Ini operasi pendisiplinan ke masyarakat supaya penggunaan masker ini bisa dilakukan baik. Setidaknya ini bisa mengurangi penularan virus corona, itu tujuan kita," kata Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono kepada wartawan usai melakukan peninjauan protokol kesehatan di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (11/9/2020).

Polri tidak menjelaskan sampai kapan Operasi Yustisi ini berlangsung. Namun, Gatot menyebut operasi ini bersifat humanis dan mengedepankan imbauan.

Lebih jauh Gator menjelaskan, sepekan setelah operasi ini di-launching, pihaknya akan melakukan imbauan terkait penggunaan masker kepada masyarakat. Pihaknya juga menggandeng masyarakat untuk ikut mendisiplinkan masyarakat lainnya.

"Satu Minggu ke depan nanti Pak Kapolda, Pangdam, Kajati, Satpol PP melaksanakan operasi tapi Senin sampai Minggu sifatnya kita operasi simpatik, kalau ada yang nggak pakai kita tegur," kata Gatot.

"Tapi nanti satu Minggu kemudian tim sudah lengkap ada Satpol PP, polisi, TNI, Kejaksaan, ada dari pengadilan, saya sudah minta para kapolda untuk berkoordinasi dengan pihak terkait mereka melakukan Operasi Yustisi dan penegakan hukum sasarannya masker dan dilakukan dengan cara-cara persuasif dan humanis," pungkas Gatot.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X