The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

AS dan China Sepakat Keluarkan Visa Ganda untuk Jurnalis
Bendera Amerika Serikat dan China. ( REUTERS/Brian Snyder)
News

AS dan China Sepakat Keluarkan Visa Ganda untuk Jurnalis

Rabu, 17 November 2021 12:58 WIB 17 November 2021, 12:58 WIB

INDOZONE.ID - China dan Amerika Serikat sepakat untuk melonggarkan perbatasan jurnalis satu sama lain di tengah kedua negara itu sedikit mereda.

Dilansir Guardian, surat kabar China Daily mengatakan pada hari Rabu (17/11/2021) bahwa kesepakatan untuk melonggarkan perbatasan jurnalis dicapai menjelang pertemuan puncak virtual antara pemimpin China  Xi Jinping dan presiden AS Joe Biden yang dilakukan pada hari Selasa (16/11/2021).

Perjanjian tersebut, AS akan mengeluarkan visa ganda satu tahun untuk jurnalis China dan akan segera memulai proses untuk mengatasi masalah, laporan China Daily.

Baca juga: Berbicara dengan Biden, Xi Jinping: Sudah Seharusnya China dan AS Saling Menghormati

China membalas perjanjian itu dengan memberikan perlakuan yang sama kepada jurnalis AS begitu kebijakan AS berlaku, itu artinya kedua negara akan mengeluarkan visa media untuk jurnalis baru.

Pernyataan kepada Associated Press pada Selasa malam, departeman luar negeri AS mengatakan China telah berkomitmen mengeluarkan visa untuk sejumlah wartawan Amerika, asalkan mereka memenuhi syarat berdasarkan peraturan undang-undang yang berlaku.

China juga berkomitmen untuk memperpanjang masa berlaku visa media AS dari 90 hari saat ini menjadi satu tahun. Baik China maupun AS juga akan menawarkan visa masuk ganda.

Pembatasan pekerja media telah memicu ketegangan antara kedua negara selama lebih dari setahun setelah AS membatasi jumlah visa yang dikeluarkan untuk pekerja media pemerintah China.

Hal ini kemudian ditanggapi China dengan cara mengusir jurnalis yang bekerja untuk outlet AS dan sangat membatasi kondisi bagi mereka yang bekerja di negara itu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US