Polda Metro Jaya akan Tertibkan Pembuatan Pelat Kaki Lima Buntut Kasus Koboi Viral

- Selasa, 9 Mei 2023 | 10:30 WIB
Konferensi pers kasus viral pria pakai pelat polisi ngamuk di Tol Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Konferensi pers kasus viral pria pakai pelat polisi ngamuk di Tol Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan penertiban penggunaan pelat kendaraan dinas Polri pada anggotanya.

Hal ini dilakukan, buntut pemalsuan pelat yang dilakukan oleh David Yulianto, pelaku penodongan di Tol Dalam Kota Jakarta, kawasan Tomang, Jakarta Barat.

Baca juga: Sederet Fakta-fakta Aksi Arogan David Yulianto, Pakai Pelat Polri Palsu Sampai Minta Maaf

"Nanti kami akan koordinasi kepada seluruh jajaran yang pertama adalah menertibkan ke dalam dulu apakah sudah anggota kami disiplin yang menggunakan mobil mobil dengan pelat dinas," kata Karyato, Senin (8/5/2023).

-
Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto (Z Creators/Eddy Suroso)

Tidak hanya di lingkungan Polda Metro Jaya, pihaknya juga akan mengimbau kepada pembuat pelat kaki lima untuk tidak melayani pembuatan pelat tanpa disertai Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"Biasanya nomor yang dibikin oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan itu sifatnya sementara mengganti yang rusak atau hilang dan tentunya kalau ada yang pesan itu harus menunjukkan STNKnya, itu sementara tidak sifatnya permanen dipasang di mobil itu," tambahnya.

Baca juga: Alasan Klasik David Yulianto Pakai Pelat Polisi Palsu: untuk Hindari Ganjil Genap

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menangkap David Yulianto, pria yang ngamuk di Tol Jakarta dan menodongkan benda mirip pistol ke pengendara lain. Kala itu, David menggunakan obil pelat polisi, yang ternyata palsu.

David yang ditangkap di sebuah apartemen di kawasan Serpong, Tangerang Selatan mengaku menggunakan pelat palsu untuk menghindari ganjil genap.

"(Alasan pakai pelat dinas palsu) yang disampaikan disini untuk menghindari ganjil-genap," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Sabtu (6/5/2023).

Artikel Menarik Lainnya:

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone.Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let's join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X