KDRT Jadi Jenis Kejahatan Paling Sering Terjadi di Jakarta Utara

- Sabtu, 11 Februari 2023 | 17:20 WIB
Ilustrasi KDRT (Freepik)
Ilustrasi KDRT (Freepik)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran membeberkan data jenis kejahatan yang paling sering terjadi di wilayah Jakarta Utara. Jenis kejahatan yang paling dominan rupanya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

"Di Jakarta Utara ini agak unik Bapak, Ibu sekalian. Di samping ada curat, curanmor, curas ada KDRT tinggi ini di Jakarta Utara. Ini ada 27 kasus," kata Irjen Fadil di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (11/2/2023).

Hal tersebut disampaikan Fadil saat menyampaikan sambutanya dalam acara Guyub Ketua Rukun Warga se-Jakarta Utara. Acara itu sendiri diketahui juga dihadiri oleh PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto.

Irjen Fadil kemudian berharap perangkat setempat seperti RT, RW lebih berperan lagi terhadap warganya agar kasus KDRT di Jakarta Utara bisa berkurang.

Baca Juga: Isu Penculikan Anak Menyebar di Warga Jakut, Kapolda Metro Ungkap Fakta yang Sebenarnya

"Saya berharap kekerasan di dalam rumah tangga apakah bentuk kekerasan seksual atau kekerasan lain fisik, psikis di rumah tangga ini menjadi perhatian kita semua. RT, Pak RW tolong dilihat itu," beber Fadil.

Lebih jauh Irjen Pol Fadil Imran menyebut kasus KDRT di seluruh Indonesia sejauh ini sudah terjadi sebanyak 18.261 kasus. Kasus KDRT sendiri didominasi korban perempuan.

Baca Juga: Isu Penculikan Anak Menyebar di Warga Jakut, Kapolda Metro Ungkap Fakta yang Sebenarnya

"KDRT ini yang paling banyak korbannya, perempuan, sebanyak 79,5 persen atau sekitar 16.745 korban dari pada KDRT itu adalah perempuan. Laki juga ada," pungkas Fadil.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X