Mirip Film Armageddon, Ini Fakta Mengerikan Asteroid Pembunuh

- Jumat, 14 Februari 2020 | 20:04 WIB
Ilustrasi (Unsplash.com/Bryan Goff)
Ilustrasi (Unsplash.com/Bryan Goff)

Masih ingat film "Armageddon" yang diperankan Bruce Willis? Film yang dirilis 1998 silam itu menampilkan kengerian apabila asteroid raksasa menabrak bumi.

Lantas, bagaimana nasib bumi? Tentu saja, diperkirakan porak poranda.

Rupanya film fiksi ilmiah itu dikhawatirkan akan menjadi kenyataan. Apabila asteroid raksasa benar-benar menghantam bumi, yang entah kapan itu akan terjadi.

-
Anggota NASA (nasa.gov)

Asteroid Pembunuh

Saat ini, kekhawatiran itu muncul setelah asteroid pembunuh diperkirakan melewati bumi. Di situs resminya, NASA menyebutkan bumi akan dilewati asteroid yang diberi nama 163373 (2002 PZ39).

Menurut perhitungan NASA, benda angkasa yang akhirnya mendapatkan julukan sebagai asteroid pembunuh itu akan melintasi bumi, Sabtu 15 Februari 2020.

Dinamakan asteroid pembunuh karena berukuran raksasa. NASA menyebutkan, diameternya satu kilometer, dan melaju dengan hampir 34 ribu mil per jam.

Namun NASA menenangkan masyarakat, menyebutkan telah memperhatikan asteroid pembunuh selama bertahun-tahun. Menurut perhitungan, asteroid tersebut tak akan menabrak bumi, dan akan tetap pada orbitnya.

"Selama bertahun-tahun, asteroid ini selalu dalam pantauan. Dan kami, sudah menghitung orbitnya. Meski melewati bumi, tapi tidak memberikan ancaman yang serius," sebut Paul Chodas dari NASA.


Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X