Mengintip Pesatnya Perkembangan Industri Ibu dan Anak di Indonesia

- Selasa, 15 November 2022 | 22:35 WIB
Ilustrasi pabrik. (Freepik)
Ilustrasi pabrik. (Freepik)

Pesatnya industri untuk ibu dan anak di Indonesia membuat para pengusaha langsung mendirikan pabriknya di sini. Seperti mendirikan pabrik diapers di Jatengland Industrial Park Sayung Demak, Jawa Tengah. 

Badan Pusat Statistik mencatat anak berusia 0-4 tahun di Indonesia berjumlah 22,45 juta jiwa. Angka ini cukup besar jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia sebesar 272,682 juta jiwa.

Sementara itu, usia ideal penggunaan popok pada bayi yang disarankan adalah hingga usia 2,5 tahun.  

Baca Juga: Moms 1 dari 2 Bayi Alami Ruam Popok, Yuk Cegah!

Diakui Camat Karang Tengah, Mulyanto, AP.m.Si, pertumbuhan industri saat ini sudah semakin meningkat, seperti yang ada di Kawasan Karang Tengah, Demak. 

"Pembangunan pabrik ini merupakan bentuk kepercayaan terhadap iklim kondusif dan situasi keamanan di wilayah Karang Tengah. Diharapkan momen ini memberikan harapan baru bagi masyarakat untuk peningkatan ekonomi," kata Mulyanto saat Acara Peletakan Batu Pertama, baru-baru ini. 

Ya, pabrik pertama yang didirikan untuk memproduksi diapers ini memiliki luas sebesar 50.000 m2. Dengan perencanaan kapasitas produksi 40 Juta RMB pada Mei 2023.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Popok Bayi Sekali Pakai Bisa Didaur Ulang, Gimana Caranya?

-
Ilustrasi diapers. (Freepik)

Pabrik yang akan didirikan merupakan pabrik non limbah dan memiliki sistem pembuangan limbah yang komprehensif. Tidak ada air yang dibutuhkan dalam proses produksi. 

Dijelaskan CEO Makuku Jason Lee, limbah domestik akan dibuang setelah pengolahan limbah pada pabrik. Selain itu, peralatan bengkel akan dilengkapi dengan peralatan penghilang debu berkualitas terbaik.

"Sehingga udara yang dihasilkan dapat membantu mencapai tingkat kebersihan udara alami. Pembangunan pabrik ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan popok yang sangat besar di Indonesia," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X