16 Orang Jadi Korban Tabrakan Kapal: 12 Selamat, 2 Meninggal dan 2 Hilang

- Jumat, 14 April 2023 | 13:56 WIB
Tim Basarnas cari korban kecelakaan kapal di Sungai Pengabuan, Kecamatan Bram Itam, Jambi. (Dok. Istimewa)
Tim Basarnas cari korban kecelakaan kapal di Sungai Pengabuan, Kecamatan Bram Itam, Jambi. (Dok. Istimewa)

Sebanyak 16 orang tenggelam di Sungai Pengabuan, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Peristiwa ini terjadi karena kecelakaan antara Kapal penumpang dan Kapal Motor bertabrakan di Batu pahat dekat Gudang Alo, Kelurahan Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilir, Provinsi Jambi, Kamis (13/4/2023).

"Kecelakaan Kapal ini terjadi pada Pukul 19.00 WIB antara Kapal Penumpang dengan Muatan 16 Orang, rute Pasar Kuala Tungkal menuju Parit Batu Pahat, dengan Kapal jenis Kapal Motor," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi, Kamis (13/4/2023).

-
Sejumlah Tim Basarnas tengah cari korban kecelakaan kapal di Sungai Pengabuan, Kecamatan Bram Itam, Jambi. (Dok. Istimewa)

Akibat kecelakaan tersebut, 14 orang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Evakuasi itu dilakukan dengan menggunakan Kapal TB dabo 808, dan 2 orang dikabarkan hilang, serta masih sedang dalam pencarian.

"Untuk identitas korban sementara 2 orang tersebut adalah seorang ibu dan anaknya. Setelah kita mendapatkan informasi tersebut, kita berangkatkan Tim dari Unit Siaga SAR Tungkal, menuju lokasi kejadian dengan menggunakan Rubber boat dan RIB 02,” ungkapnya.

Baca Juga: Kapal Pengangkut Kopra Karam di Dermaga Kuala Tungkal

Setelah memasuki hari kedua kecelakaan kapal itu, 2 korban yakni ibu dan anak tersebut hilang. Sehingga, saat ini Tim SAR Gabungan Jambi sedang melakukan pencarian, dengan fokus penyisiran sejauh kurang lebih 2 KM ke arah hilir dan hulu sungai. Mengingat Arus di wilayah tersebut terjadi pasang surut. 

"Jumlah korban yang terdata berjumlah 16 orang dengan rincian selamat 12 orang, meninggal di Rumah Sakit 2 orang, dan masih dalam pencarian 2 orang,” kata Kornelis.

-
Masih ada dua korban hilang yang sedang dicari Tim Basarnas di sekitar Sungai Pengabuan, Kecamatan Bram Itam, Jambi. (Dok. Istimewa)

Kornelis menjelaskn, untuk melakukan pencarian, Basarnas Jambi mengerahkan Alut RIB 02 dan Rubber Boat. Lalu, disiapkan pula seperti peralatan medis, peralatan Water Rescue, peralatan evakuasi, dan peralatan komunikasi. 

"Untuk personel dari Basarnas berjumlah kurang lebih 15 orang bersama dengan Potensi SAR,” tandasnya.

Hingga saat ini, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap dua orang korban yang hilang dalam kecelakaan kapal tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone. Yuk, bikin cerita dan konten serumu, serta dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X