Pemalak Remaja di Mall Cipinang Indah yang Viral Ditangkap, Sudah Beraksi Ratusan Kali

- Sabtu, 20 Mei 2023 | 12:55 WIB
Rekaman CCTV kejadian pemalakan di Mall Cipinang Indah, Jakarta Timur (Instagam/infojkt24)
Rekaman CCTV kejadian pemalakan di Mall Cipinang Indah, Jakarta Timur (Instagam/infojkt24)

Pria berinsial CEES akhirnya ditangkap oleh polisi buntut viralnya video remaja kocar kacir meminta pertolongan ke satpam Mall Cipinang Indah, Jakarta Timur lantaran dipalak.

Usut punya usut, CEES ternyata sudah beraksi ratusan kali dengan modus yang sama. Hal itu diungkap oleh Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Leonardus Simarmata.

"Untuk tersangka ada dua, ini satu sudah dilakukan penahanan, yang satu lagi kami tetapkan DPO," kata Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Leonardus Simarmata kepada wartawan, Sabtu (20/5/2023).

Baca juga: Viral ABG Dipalak Preman hingga Lari ke Mall Cipinang Indah, Polisi Turun Tangan

Pelaku sendiri sudah beraksi hingga 500 kali dengan modus yang sama. Dia menyasar para remaja-remaja untuk dirampas ponselnya.

Modus Amankan Ponsel

-
Rekaman CCTV kejadian pemalakan di Mall Cipinang Indah, Jakarta Timur (Instagam/infojkt24)

Kombes Leo kemudian membeberkan cara CEES bekerja. Awalnya, pelaku menunggu korban para remaja yang turun dari angkot di sekitaran Mall Cipinang Indah.

"Pelaku memanggil para korban dengan mengatakan kepada korban bahwa disini banyak aksi tipu-tipu, banyak yang sering kehilangan handphone 'serahin handphone kalian biar Gua amankan dulu, Gua akan disini'," kata Leo.

Baca juga: Pungli di Bogor Ngaku Palak Sopir Truk Rp10.000 per Mobil, Digunakan untuk Lihat Anak

Pelaku juga menebar ancaman terhadap korban dengan ucapan akan menyeburkan korban. Sesuai pelaku mendapat hp korban

"Salah satu pelakunya yaitu DPO ini mengajak korban ke BKT, Duren Sawit, Jakarta Timur. Sesampainya di BKT, pelaku memerintahkan dua korban untuk menunggu karena pelaku CEES bersama saudara Renaldi yang DPO akan mengecek handphone keenam handphone tersebut selanjutnya, kedua pelaku tersebut membawa kabur enam handphone tersebut," bebernya.

Viral di Media Sosial

Jumat, 5 Mei 2023, media sosial sempat digegerkan dengan adanya kasus remaja dipalak di kawasan Mall Cipinang Indah, Jakarta Timur. Dalam video viral, terlihat sejumlah korban berlarian mengarah ke sekuriti di Mall tersebut. Buntut dari viralnya video tersebut, polisi langsung melakukan penyelidikan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X