Hari Ini, 6 Provinsi Tidak Ada Penambahan Kasus Baru Virus Corona

- Jumat, 19 Juni 2020 | 17:29 WIB
Petugas medis mengambil sambel darah warga saat tes diagnostik cepat (rapid test) COVID-19. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)
Petugas medis mengambil sambel darah warga saat tes diagnostik cepat (rapid test) COVID-19. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, menyebutkan sebanyak 6 provinsi melaporkan tidak ada kasus baru virus corona (Covid-19) hari ini, Jumat (19/6/2020). 

"Bahkan ada 6 provinsi yang hari ini melaporkan tidak ada kasus baru," kata Yurianto dalam jumpa pers di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Meskipun demikian, Yurianto tidak menyebutkan secara detail provinsi mana saja yang tidak ada penambahan kasus baru virus corona tersebut. Namun, dalam paparannya hanya ada dua provinsi.

"Bangka Belitung tidak ada penambahan kasus, dilaporkan 6 kasus sembuh, Kepulauan Riau dilaporkan tidak baru dan 5 sembuh," sebutnya.

Dia menyampaikan, selain ada 6 provinsi tidak ada penambahan kasus baru Covid-19, ada juga 19 provinsi lainnya yang penambahannya di bawah sepuluh 10 kasus. Meskipun bertambah kasus namun tetap ada penambahan pasien yang dinyatakan sembuh.

"Namun kalau kita lihat perbandingan antara kasus baru dengan kasus sembuh yang dilaporkan yang cukup signifikan," bebernya.

"Yang pertama Nusa Tenggara Barat hari ini melaporkan 14 kasus baru namun 19 sembuh, Maluku 7 kasus baru dan 23 sembuh, Gorontalo 6 kasus baru 35 sembuh, Sumatera Barat 4 kasus baru 11 sembuh, Papua Barat 3 kasus baru dan 8 sembuh, Yogyakarta 1 kasus baru 7 sembuh, Bangka Belitung tidak ada penambahan kasus, dilaporkan 6 kasus sembuh, dan Kepulauan Riau dilaporkan tidak baru dan 5 sembuh," tambahnya.

Ia menyebutkan, bahwa Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi daerah tertinggi penambahan kasus baru Covid-19 hari ini dan bahkan mencapai 200 kasus lebih.

"Kalau kita lihat distribusi dari kasus positif yang kita laporkan hari ini, Sulawesi Selatan melaporkan 207 kasus konfirmasi baru dan 43 kasus sembuh," sebutnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X