Presiden Jokowi Harap IPDN Mampu Beradaptasi Menguasai Ilmu dan Teknologi Terbaru

- Jumat, 17 Maret 2023 | 16:51 WIB
Layar bergambar Presisen Jokowi di Acara Dies Natalis ke-67 IPDN (Istimewa)
Layar bergambar Presisen Jokowi di Acara Dies Natalis ke-67 IPDN (Istimewa)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat atas dies natalis Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ke-67. Presiden berharap IPDN kedepannya bisa menjadi pilar kemajuan bangsa yang selalu berkontribusi bagi kemajuan Indonesia.

Dalam pesannya, Presiden Jokowi juga berharap IPDN mampu beradaptasi menguasai ilmu, teknologi terbaru, memiliki kompetensi dan keahlian baru untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing.

"IPDN sebagai kampus pencetak pamong praja unggul tidak boleh tertinggal, harus bergerak cepat menyiapkan SDM yang kreatif dan inovatif, yang menguasai keahlian masa depan dan siap bekerja dengan penuh dedikasi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan kelas dunia," kata Presiden Jokowi dikutip Indozone dalam siaran pers, Jumat (17/3/2023).

Sementara itu, Ketua DPR RI dan MPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) serta jajaran Menteri Kabinet seperti Menkopolhukam, Mendagri, Menaker, Mendikbud dan Menparekraft RI serta pejabat dan pimpinan pemerintahan lainnya juga turut mengucapkan selamat kepada IPDN.

Bamsoet mengatakan keyakinannya jika IPDN akan terus berproses menjadi perguruan tinggi kepamongprajaan yang dapat menunjang tata kelola pemerintahan kita yang berkelas dunia.

"Semoga IPDN dapat terdepan dalam inovasi, menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme kepamongprajaan yang modern dan berdaya saing unggul dengan berlandaskan semangat kebangsaan dan pengabdian kepada bangsa dan negara," kata Bamsoet. 

-
Acara Dies Natalis ke-67 IPDN (Istimewa)

BACA JUGA: Miko Peled Cucu Pendiri Israel Minta Presiden Jokowi Tolak Kedatangan Timnas Israel U-20

Mendagri Tito Karnavian berharap IPDN dapat mempertajam visinya

Sebagai sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri, Mendagri Tito Karnavian berharap IPDN dapat mempertajam visinya sebagai lembaga pendidikan kedinasan yang mencetak putra-putri bangsa kader aparatur sipil negara calon pemimpin pemerintahan yang memiliki kemampuan penguasaan teknologi informasi, integritas yang tinggi, professional, berjiwa melayani, berwawasan global, inovatif, produktif dan kompetitif.

"Praja IPDN memiliki kemampuan memanfatkan dan menggunakan teknologi informasi yang semakin berkembang. Untuk itu literasi digital dan literasi data merupakan hal yang wajib dikuasi oleh seluruh praja IPDN agar dapat memperkuat pemerintahan pusat maupun daerah serta memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan government yang lebih efektif dan efisien berkelas dunia," kata Tito.

Di hari puncak perayaan dies natalis IPDN ini, Rektor IPDN Dr. Drs. Hadi Prabowo, M.M menyampaikan orasi ilmiahnya terkait “Strategi Pengelolaan pendidikan tinggi kepamongprajaan dalam mewujudkan kader pamong praja yang professional dan berkelas dunia”.

Dalam orasinya Hadi memaparkan bahwa proses globalisasi saat ini terjadi semakin pesat dan masif, terutama sejak era digital atau era industri 4.0 dengan ditandai munculnya era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity) yang memerlukan strategi baru baik dalam dunia bisnis maupun pemerintahan.

"Globalisasi akan membuat negara-negara semakin terkoneksi, namun yang terdampak globalisasi bukan hanya manusia dan informasi tetapi juga berpengaruh terhadap isu dan permasalahan. Selain globalisasi, ada beberapa tantangan dalam negeri yang dipengaruhi oleh dinamika global, oleh sebab itu memasuki era digital atau era industri 4.0 tata kelola pemerintahan perlu ditransformasi. Transformasi dilakukan pada aspek kebijakan, sumber daya manusia dan proses bisnis," kata Hadi.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Setujui Pengunduran Diri Zainudin Amali dari Kursi Menpora

-
Acara Dies Natalis ke-67 IPDN (Istimewa)

Menurut Hadi, transformasi tata kelola pemerintahan dapat mengadopsi paradigma (dynamic governance) melalui kebijakan dengan melakukan transformasi pola pengaturan menjadi lebih fleksibel, delegasi untuk memperpendek rantai pengambilan keputusan, think ahead, think across dan think again.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X