Viral Anggota DPR Pose Pakai ADP Lengkap, Begini Kronologinya

- Jumat, 17 April 2020 | 11:20 WIB
Anggota DPR menggunakan APD lengkap (Twitter/@Hanifah933)
Anggota DPR menggunakan APD lengkap (Twitter/@Hanifah933)

Foto anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggunakan alat pelindung diri (APD) viral di media sosial dan menuai kritik dari para netizen.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena mengungkapkan kronologi para anggota DPR tersebut mengenakan APD. Para anggota DPR yang menenakan APD tersebut merupakan anggota Satgas Lawan Covid-19 DPR. Mereka menggunakan APD karena saat itu ada kunjungan ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta.

"Sesuai prosedur dan protokol kesehatan, Satgas DPR RI yang kunjungi RS Darurat Wisma Atlet melihat kondisi lapangan harus memakai APD standar biasa untuk mencegah penularan," ucap Melki saat dikonfirmasi, Jumat (17/4/2020).

Lebih lanjut, Melki menjelaskan, dalam kunjungan tersebut, para anggota DPR juga memberikan donasi berupa obat-obatan dan APD kepada tenaga medis RS Wisma Atlet.

"Hal biasa kalau melihat pasien Covid-19 pasti semua orang juga lakukan yang sama. DPR RI membantu APD dan obat-obatan ke RS Darurat Wisma Atlet. APD ini yang diproduksi dan dibagi ke RS dan Puskesmas se-Indonesia," terangnya.

Bahkan, Melki menyebutkan, APD yang dikenakan oleh anggota Satgas Lawan Covid-19 DPR tersebut lebih banyak yang disumbangkan ke rumah sakit dan Puskesmas ketimbang untuk para anggota DPR itu sendiri.

"Toh APD ini diproduksi oleh DPR RI dipakai hanya belasan, dan ribuan disumbangkan ke RS dan Puskesmas. Dipakai juga bisa dicuci untuk digunakan lagi untuk kunjungan ke RS berikutnya," tutup Melki.

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X