Video Bunker Rp900 Miliar Ferdy Sambo Dipastikan Hoax, Mabes Polri Beberkan Faktanya

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 17:22 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo (kiri). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo (kiri). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Mabes Polri memastikan video yang tersebar di media sosial dengan narasi adanya uang Rp900 miliar di dalam bunker di rumah Irjen Ferdy Sambo merupakan hoax. Polri membeberkan fakta-fakta terkait video tersebut.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. Irjen Dedi menyebut pihaknya sempat mendalami video viral tersebut.

"Setelah ditelurusi oleh tim ternyata video tersebut pernah ditayangkan oleh Global Chemical Laboratory tanggal 18 Juli 2021," kata Irjen Dedi dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (24/8/2022).

Baca Juga: Terus Bertambah, Kini 97 Personel Polri Diperiksa Terkait Kasus Ferdy Sambo

Usut punya usut, rupanya video itu merupakan rekaman temuan kasus uang palsu Dollar di Atlanta, Amerika Serikat. Temuan itu terjadi pada tahun 2021 yang lalu.

"Terkait temuan uang palsu di Atlanta, USA," beber Dedi.

Selain itu, narasi di video viral tersebut menyebutkan Polri yang menggeledah rumah Irjen Sambo. Polri sendiri tidak menampik jika pihaknya sempat menggeledah rumah Ferdy Sambo.

Namun, dalam penggeledahan tersebut dipastikan tidak ditemukan bunker berisi uang Rp900 miliar. Mabes Polri hanya menyita sejumlah barang bukti disana.

"Apa saja yang disita itu untuk pembuktian nanti dipersidangan. Timsus melakukan penyidikan dengan langkah pro justitia," pungkas Dedi. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X