Gadis 7 Tahun Alami Pubertas Dini Karena Tidur dengan Lampu Menyala

- Selasa, 8 Oktober 2019 | 14:05 WIB
Ilustrasi/Best Health Tale
Ilustrasi/Best Health Tale

Biasanya seorang anak perempuan akan mengalami pubertas di usia 10 hingga 11 tahun. Namun, seorang anak dari Ningbo, Zheijiang bernama Tong Tong telah mengalami pubertas dini karena sering tidur dengan lampu menyala di usianya yang baru 7 tahun.

Mulanya, sang ibu senang karena anaknya mengalami pertumbuhan tinggi badan hingga 10 sentimeter dalam setahun. Namun ia terkejut dan cemas usai melihat payudara anaknya yang mulai tumbuh dan merasakan beberapa benjolan kecil.

-
ilustrasi/Penn State News

Karena khawatir, akhirnya sang ibu membawanya ke dokter. Usai diperiksa, dokter mengatakan bahwa tulang Tong Tong seperti seseorang yang berusia tiga tahun lebih tua.

Dokter mengatakan bahwa saat ini Tong Tong yang kini tingginya mencapai 120 sentimeter mengalami pubertas dini dan folikel ovariumnya sudah meningkat secara signifikan. Dokter tersebut menambahkan kondisi ini sudah terlambat untuk diobati.

Sang ibu merasa bahwa Tong Tong jarang diberi makan gorengan, suplemen atau minuman. Namun dokter menyebutkan jika kondisi ini disebabkan oleh gaya hidup Tong Tong yang selalu menghidupkan lampu saat tidur sejak tiga tahun lalu.

-
ilustrasi/pexels

Dokter menjelaskan jika pubertas yang dialami Tong Tong karena sekresi melatoninnya ditekan oleh paparan cahaya. Penurunan melatonin dalam tubuh Tong Tong telah mempercepat proses pematangan seksual dan menyebabkan Tong Tong mengalami pubertas dini.

Berdasarkan sebuah studi, paparan cahaya dapat menghambat produksi melatonin, terutama pada malam hari saat berada di kinerja puncaknya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X