Termasuk Kawah Putih, Kebakaran Lahan di Bandung Tembus 241 Hektare

- Selasa, 8 Oktober 2019 | 13:31 WIB
Ilustrasi kebakaran lahan di Bandung (Antara/Bayu Pratama S).
Ilustrasi kebakaran lahan di Bandung (Antara/Bayu Pratama S).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mengungkapkan luas kebakaran lahan di Kabupaten Bandung tembus 241 hektare. Bencana itu terjadi sejak, Sabtu (5/10). 

Lima belas hektare di antaranya termasuk dalam kawasan wisata Kawah Putih, Ciwidey. Kebakaran itu terjadi, Senin (7/10) pukul 14.00 WIB. 

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jabar, Budi Budiman Wahyu, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kapolres Bandung, Dandim 0609, hingga Perhutani untuk melakukan assessment ke lokasi. 

"Penanganan awal yang dilakukan adalah membuat parit dan penyiraman oleh unit pemadam dari Dinas Kebakaran supaya api tidak meluas," kata Budi melalui keterangan tertulis, Selasa (8/10).

Selain Kawah Putih, kebakaran juga melanda sejumlah wilayah Kabupaten Bandung. Salah satunya Desa Pasir Huni, Kecamatan Cimaung, dengan luas lahan terbakar mencapai 26 hektare.

Adapun untuk daerah Puncak Besar Pacet, Kecamatan Pangalengan, sekitar 100 hektare lahan hangus terbakar. Kemudian, 100 hektare lahan juga terbakar di Desa Mangun Jaya, Gunung Sangar. 

Bencana itu membuat berbagai tanaman besar seperti pohon pinus, rancamala, manglid, hingga alpukat, hangus terbakar. Tim penanggulangan bencana pun masih terus memadamkan titik-titik api agar tidak meluas. 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X