Rudiantara Sebut Akses Internet di Papua Sudah Normal

- Rabu, 9 Oktober 2019 | 18:01 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
(photo/ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Menteri Komunikasi & Informatika Rudiantara mengatakan, akses internet di Papua sudah kembali normal setelah akses internet di sejumlah wilayah diblokir sejak akhir Agustus hingga September akibat kericuhan setempat.

"Sudah lama (normal). Saya sampai lupa (kapan dicabut) malah. Sudah diaktifkan datanya, semuanya diaktifkan. Memang waktu kejadian di Wamena dinonaktifkan sebentar, di Wamena saja, tapi setelah itu sudah tidak ada lagi (blokir)," kata Rudiantara di Istana Wapres Jakarta, Rabu.

Pemblokiran internet dilakukan pemerintah guna menekan penyebaran hoax di tengah kondisi kericuhan yang terjadi di Papua.

Mengenai penyebaran hoax, Rudiantara mengaku tidak mengetahui data pastinya, akan tetapi dia memastikan bahwa angkanya menurun drastis.

Sebelum Wamena, pemblokiran akses internet juga dilakukan Kementerian Kominfo di sejumlah daerah di Papua dan Papua Barat, pada akhir Agustus, sebagai dampak dari meluasnya aksi demonstrasi yang berakhir dengan kericuhan.

"Kita (Kemenkominfo) melihat dari dunia maya saja, berapa URL (uniform resource locator) hari ini yang naik mengamplifikasi hoaks. Kalau hoaks yang didaur ulang masih ada. Saya harus cek, daripada saya bicara salah. Tapi kalau pun ada, sudah menurun jauh," ujarnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X