Anies Baswedan Diminta Fokus Kerja Nyata & Tak Politisir Banjir

- Jumat, 10 Januari 2020 | 11:12 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat tinjau lokasi banjir/ANTARA/DEVI NINDY
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat tinjau lokasi banjir/ANTARA/DEVI NINDY

Masalah banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jakarta membuat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswdedan dituntut berbagai pihak segera menyelesaikan persoalan banjir ini.

Seperti halnya permintaan dari Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak. Ia meminta agar Anies segera fokus menyelesaikan persoalan banjir dengan kerja nyata dan tidak mempolitisir banjir dengan berbagai pencitraan.

-
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat kerja bakti membersihkan sisa banjir/ANTARA/Ricky Prayoga

"Fokus kerja saja, hentikan pencitraan, apalagi sampai ada pernyataan yang beredar di publik yaitu 'Gubernur rasa Presiden', karena itu sangat melukai perasaan terutama bagi para korban banjir yang sedang berduka. Seharusnya, pernyataan seperti itu tidak muncul dalam kondisi tersebut," ujar Gilbert di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (08/01/2020).

Menurut Gilbert, cara Anies dengan terjun ke lokasi banjir dan membantu warga membersihkan sisa banjir, tak cukup mengatasi kerugian yang dirasakan oleh warga korban banjir.

-
Penampakan sekolah SMAN 8 Jakarta pasca banjir/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Ia menambahkan, Anies harus bisa lebih peka terhadap korban banjir. Menurutnya, yang penting adalah bagaimana upaya ke depannya, agar banjir tak terulang mengingat tingginya curah hujan ke depan. Jangan sampai nanti kembali menyalahkan pemerintah pusat.

-
Anies Baswedan bantu warga membersihkan sisa banjir Jakarta/Instagram/@aniesbaswedan

"Lebih baik pencitraan dihentikan, dan fokus bekerja mengatasi masalah mengingat kemungkinan curah hujan yang lebih besar masih mungkin terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Karena jelas banjir yang ada saat ini adalah masalah lokal DKI, karena air kiriman dari Bogor baru sampai DKI keesokan harinya. Menyalahkan Pemerintah Pusat dengan berpolemik terbuka juga bukan cara yang baik, tetapi introspeksi lebih baik," tuturnya.

-
Warga di Bintaro, Jakarta membersihkan lumpur sisa banjir/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Gilbert juga berpesan agar Anies memiliki sikap pemimpin yang baik dan senatiasa berpihak pada rakyat. Ia bahkan mencontohkan Kaisar Hirohito yang rela menyerah demi rakyatnya.

"Ingat Kaisar Hirohito saat dia memutuskan mengakhiri perang dengan menyerah, dengan resiko dia dihabisi militer Jepang. Kaisar Hirohito ingin menyelamatkan rakyatnya, daripada mementingkan kekuasaan/jabatan," sambung Gilbert.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X