10 Wanita Paling Berpengaruh dari Berbagai Belahan Dunia Tahun 2019

- Jumat, 18 Oktober 2019 | 16:31 WIB
instagram/@asificared/@kimiya.alizade
instagram/@asificared/@kimiya.alizade

Wanita dikenal sebagai makhluk yang lemah lembut dan kuat. Manusia dengan hati sensitif ini bahkan menjadi sosok yang sangat tangguh, tak heran bila wanita dapat menjadi partner yang sepadan untuk pria.

Dahulu, wanita kerap berada dibelakang dan dipercaya tak bisa melakukan apa-apa. Namun sejak emansipasi wanita digaungkan, wanita berhasil maju dengan menunjukkan eksistensinya di depan publik dengan berbagai karya dan inovasi yang cerdas.

Tak hanya Indonesia, dari berbagai belahan dunia ada sejumlah wanita hebat yang berpengaruh dalam berbagai bidang. Dilansir dari BBC, ada 100 wanita yang berpengaruh di tahun 2019. Kali ini INDOZONE akan membahas 10 deretan wanita hebat dari berbagai belahan dunia di tahun 2019 versi BBC. Mau tau siapa saja wanita tersebut? Berikut ulasannya.

1. Dhammananda Bhikkhuni

-
Little Bangkok

Dhammananda Bhikkhuni menjadi biksu perempuan pertama yang ada di Thailand. Di Thailand sebenarnya perempuan dilarang untuk menjadi biksu Buddha. Namun Dhammananda Bhikkhuni memutuskan untuk terbang ke Sri Lanka tahun 2003 agar dirinya ditahbiskan guna mewujudkan keinginannya menjadi biksu perempuan. Sejak Dhammananda Bhikkhuni menjadi biksu, kini sudah ada 100 biksu perempuan lainnya di Thailand.

2. Dina Asher-Smith

-
Twitter/@dinaashersmith

Wanita dari UK ini berhasil menjadi wanita tercepat dalam sejarah Inggris dan jadi wanita pertama Inggris yang memenangkan gelar sprint global utama. Dina mampu menyabet medali emas di final 200m putri di Kejuaraan Atletik Dunia di Doha.

3. Kimia Alizadeh

-
Instagram/@kimiya.alizade

Tahun 2016, Kimia berhasil menjadi wanita pertama yang memenangkan medali di Olimpiade sejak negara kelahirannya Iran bersaing di tahun 1948 sebagai atlet taekwondo. Kini, Kimia tengah berlatih untuk menghadari kejuaraan di Tokyo tahun 2020.

4. Jalila Haider

-
Twitter/@Advjalila

Jalila menjadi wanita yang bekerja sebagai pengacara di Pakistan yang khusus membela hak-hak perempuan. Jalila bahkan menyediakan layanan hukum gratis bagi perempuan miskin. Jalila bahkan mendirikan organisasi We The Humans, yaitu organisasi nirlaba yang bekerja dengan komunitas lokal untuk memberikan peluang bagi perempuan dan anak-anak.

5. Hiyori Kon

-
Twitter/@hiyori_kon

Hiyori adalah wanita berusia 21 tahun yang menggeluti dunia sumo. Di Jepang, sebenarnya perempuan masih dilarang untuk menjadi pegulat sumo. Namun ia berhasil memenangkan penghargaan Little Miss Sumo tahun 2018.

6. Trang Nguyen

-
Twitter/@TrangN90

Trang berhasil mendirikan WildAct, yaitu organisasi nirlaba untuk membantu pihak berwenang memantau pasar perdagangan satwa liar ilegal. Tahun 2018, peraih gelar PhD ini membuat kursus master pertama di Vietnam untuk memerangi perdagangan satwa liar ilegal.

7. Jawahir Roble

-
Twitter/@jj_Roble

Wanita dari UK-Somalia ini menjadi wasit pertama berkulit hitam dan berjilbab. Saat dirinya berusia 10 tahun, ia tertarik dengan dunia olahraga dan membuatnya ingin menjadi wasit.

8. Hayfa Sdiri

-
Twitter/@HayfaSdiri

Di usianya yang ke 16 tahun, Hayfa sukses menjadi wirausahawan muda. Ia mendirikan sebuah platform onlie bernama Entrcrucsh. Tak hanya itu, Hayfa juga bekerja dengan PBB di Tunisia untuk kesetaraan gender.

9. Charlene Ren

-
instagram/@asificared

Mahasiswi pascasarjana ini berhasil menciptakan MyH2O. Yaitu program untuk mengatasi kekurangan air minum bersih di pedesaan China. Kini, Charlene sering mengajarkan penduduk setempat untuk melakukan pengujian sendiri untuk mengetahui air bersih.

10. Megan Rapinoe

-
instagram/@mrapinoe

Megan menjadi pemenang dalam Piala Dunia sebanyak dua kali dalam kapten tim nasional wanita AS tahun 2019. Megan bahkan dinobatkan sebagai pemain wanita terbaik FIFA 2019.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X