Tak Cuma di Jakarta, Tim Patroli Perintis Presisi Kini Tersebar di Seluruh Indonesia

- Rabu, 14 Juni 2023 | 11:34 WIB
Launching Tim Patroli Perintis Presisi seluruh Indonesia di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildanyah).
Launching Tim Patroli Perintis Presisi seluruh Indonesia di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildanyah).

Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri hari ini resmi melaunching Tim Patroli Perintis Presisi diseluruh Polda jajaran di Indonesia. Kini, tim tersebut tidak lagi hanya ada di Polda Metro Jaya saja.

"Pagi ini saya melaunching Patroli Perintis Presisi didepan para Direktur Samapta dan Dir Pam Obvit Polda seluruh Indonesia," kata Kabaharkam Polri, Komjen Pol Fadil Imran kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

-
Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Fadil Imran. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Tim Patroli Perintis ini nantinya akan dilengkapi dengan tim patroli menggunakan sepeda motor hingga mobil. Ada pula polisi RW yang bergerak ke basis komunitas untuk menyerap aspirasi di lapangan berkaitan dengan potensi terjadinya kejahatan.

Baca Juga: Bareskrim Bakal Periksa Pihak Penikah Siri Bukhori Yusuf

"Kemudian Patroli Printis Presisi dan Patroli Kota yang akan melakukan langkah-langkah preventif terhadap potensi gangguan. Jadi kalau Sabhara itu yang diintervensi adalah PH (polive hazard) potensi ganguan," beber Fadil.

Jenderal polisi bintang tiga tersebut berharap penerapan Tim Patroli Perintis Presisi diseluruh Polda di Indonesia ini dapat mengendalikan situasi kamtibmas. Harapanya, terobosan ini juga bisa menarik kepercayaan publik terhadap institusi Polri.

"Sering saya sampaikan, menangkap pelaku kejahatan itu adalah suatu kebanggan, tetapi mencegah suatu kejahatan itu adalah kemuliaan. Mudah-mudahan ini bisa terus terjadi sehingga Polri bisa lebih dekat dengan masyarakat," kata Fadil.

"Dengan menurunnya angka kejahatan, turunnya polisi ditengah-tengah masyarakat semoga membuat Polri semakin dipercaya sesuai harapan," sambungnya.

Diadopsi dari Polda Metro Jaya

Tim Patroli Perintis Presisi sendiri merupakan tim yang awalnya dibentuk di Polda Metro Jaya. Kala itu, Fadil masih menyandang jabatan sebagai Kapolda Metro Jaya dengan pangkat Irjen Pol.

Tim ini juga sudah bekerja cukup lama mengamankan ibu kota dan sekitarnya. Kini, skema tim tersebut diadopsi dan diterapkan di Polda-Polda diseluruh Indonesia.

Baca Juga: Resmikan Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro, Kapolri: Bantu yang Dibutuhkan Warga

"Jadi apa yang sudah dikerjakan oleh Polda Metro Jaya melalui Tim Patroli Perintis Presisi untuk roda dua dan tim patroli kota untuk roda empat, kita akan jadikan sebagai model untuk seluruh Polda-Polda Indonesia," pungkas Fadil.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X