Baharkam Polri Kerahkan Armada Air dan Udara Bantu Pencarian Pesawat Sriwijaya Air 182

- Minggu, 10 Januari 2021 | 13:45 WIB
Proses pencarian pesawat Sriwijaya dari armada udara. (Baharkam Polri dan Basarnas)
Proses pencarian pesawat Sriwijaya dari armada udara. (Baharkam Polri dan Basarnas)

Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri mengerahkan sejumlah armada air dan udara milik Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) Baharkam Polri untuk membantu pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Sebagai Posko induk, Baharkam Polri mengirimkan Kapal Polisi (KP) Bisma 8001 ke lokasi yang diperkirakan sebagai tempat jatuhnya pesawat Boeing 737-500 itu, yang dipimpin langsung oleh Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, Brigjen Pol Yassin Kosasih SIK, MSi.

KP Bisma merupakan kapal patroli klas A buatan Spanyol dengan ukuran panjang 61 meter. Kapal ini dilengkapi dengan helypad (landing helycopter dock) yang berkemampuan lepas landas helikopter berbagai tipe.

Selain itu, Baharkam Polri juga mengerahkan helikopter dan tujuh kapal lainnya sebagai pendamping, yakni KP Kolibri, KP Pelatuk, KP Elang Laut, KP Kasturi, KP SBU, KP Sundecus, dan kapal patroli cepat. Untuk mendukung semua ini, dikerahkan juga 80 personel sebagai Tim SAR.

Sementara itu, di darat Detasemen Perintis Ditsamapta Korsabhara Baharkam Polri menyiagakan satu satuan setingkat peleton (SST) dengan kekuatan 25 personel untuk membantu pencarian. Dikerahkan juga 1 unit truk, 1 unit bus, dan 5 unit kendaraan double cabin sebagai pendukung.

"Saya langsung pimpin operasi SAR. Sekarang di atas kapal Bisma. Berangkat dari kantor jam 01.30 WIB," kata Brigjen Pol Yassin Kosasih, Minggu, 10 Januari 2021.

Operasi kemanusian ini dilakukan Baharkam Polri dan jajaran guna mendukung Badan SAR Nasional (Basarnas).

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X