Sebelum Ditahan KPK, AHY Minta Lukas Enembe Diberikan Kesempatan untuk Pulihkan Kesehatan

- Kamis, 12 Januari 2023 | 15:28 WIB
Ketua Umum Partai Demokat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Ketua Umum Partai Demokat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merespon soal penahanan Gubernur Papua Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (11/1/2023) kemarin. 

AHY meminta agar Lukas Enembe diberikan waktu untuk pemulihan kesehatannya sebelum menjalani proses hukum di KPK. Sebab, kata dia, hal itu merupakan bagian dari pemenuhan hak asasi manusia.

“Karena itu adalah sesuatu yang bernilai untuk kemanusiaan memberikan ruang untuk kita sehat, setelah itu bisa menjalani segala hal termasuk proses hukum yang tengah dijalankan,” kata AHY kepada wartawan di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: Fakta-fakta Penangkapan Lukas Enembe oleh KPK: Kericuhan Massa hingga Tangan Diborgol

Selain itu, AHY juga mengimbau kepada masyarakat di Papua untuk tetap tenang. Dia meminta agar para pendukung Lukas memberikan ruang agar proses hukum bisa dijalankan dengan baik. 

“Tetapi sekali lagi, kami sebagai bagian dari keluarga besar mengharapkan agar pak Lukas Enembe juga diberikan kesempatan yang baik agar bisa memulihkan kondisi kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga: Sempat Foto Bareng, Polri Dalami Hubungan antara Anton Gobay dengan Lukas Enembe

Sebelumnya, KPK resmi menahan Gubernur Papua Lukas Enembe dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pekerjaan atau proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua.

"Ditahan selama 20 hari pertama mulai dari 11 Januari 2023 sampai dengan 30 Januari 2023," kata Ketua KPK Firli Bahuri di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2023).

Namun atas kondisi kesehatannya, lembaga antirasuah memutuskan membantarkan penahanan Lukas Enembe untuk menjalani perawatan sementara di RSPAD. 

“Karena kondisi kesehatan tersangka LE (Lukas Enembe) maka dilakukan pembantaran untuk perawatan sementara di RSPAD Gatot Subroto sejak hari ini sampai dengan kondisi membaik sesuai dengan pertimbangan Tim Dokter,” ujar Firli.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X