The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wiranto Kekeh Tak Mau Mundur dari Dewan Pembina Hanura
Wiranto ogah mundur dari Ketua Dewan Pembina Partai Hanura meski telah menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)
News

Wiranto Kekeh Tak Mau Mundur dari Dewan Pembina Hanura

Senin, 16 Desember 2019 13:45 WIB 16 Desember 2019, 13:45 WIB

INDOZONE.ID - Wiranto menegaskan tidak mau mundur dari posisi Ketua Dewan Pembina Partai Hanura, meski tengah menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). 

Padahal, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2006 tentang Dewan Pertimbangan Presiden bahwa anggota Wantimpres dilarang merangkap jabatan pengurus partai. 

Akan tetapi, Wiranto menilai aturan itu tidak berlaku baginya. Dia menganggap jabatan dewan pembina tidak masuk hitungan sebagai pengurus partai. 

"Itu yang dilarang dalam undang-undang itu jika menjabat sebagai ketua umum atau sebutan lain, atau menjadi anggota badan pengurus harian. Selain itu diijinkan," kata Wiranto setelah serah terima jabatan Wantimpres, di Jakarta, Senin (16/11). 

Wiranto pun meminta kepada publik berhenti mendesak dirinya mundur dari Ketua Dewan Pembina Hanura karena telah menjadi Ketua Wantimpres. 

"Jadi jangan sampai ada komentar macam-macam, harus mundur," tutur Wiranto. 

Sebelumnya, Ketua DPP Hanura, Inas Nasrullah Zubir meminta Wiranto mundur dari partai karena rangkap jabatan Ketua Wantimpres. Inas mengatakan sesuai aturan anggota Wantimpres tidak boleh merangkap jabatan.

Inas pun mendesak Wiranto tidak menunda-nunda mengajukan pengunduran diri. Sesuai UU Wantimpres, Wiranto diminta mundur dari kepengurusan partai, paling lambat tiga bulan setelah dilantik menjadi Wantimpres. 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Fauzi
Ivanrida
Fauzi

Fauzi

Editor
Ivanrida

Ivanrida

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US