80% Pasien Positif Corona Baru, Awalnya Tanpa Gejala Sama Sekali

- Minggu, 7 Juni 2020 | 16:33 WIB
Ilustrasi petugas medis membantu pasien corona. (ANTARA/Fachrurrozi)
Ilustrasi petugas medis membantu pasien corona. (ANTARA/Fachrurrozi)

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebutkan sebanyak 80% pasien positif corona baru merupakan orang tanpa gejala (OTG). Pasien baru itu awalnya tidak merasakan hal-hal apapun hingga akhirnya dinyatakan positif virus corona.

"Dari catatan data, kita lihat hampir 80% kita temukan kasus positif tanpa gejala sama sekali. Dia nggak sadar dirinya bawa penyakit dan kita nggak sadari orang tersebut berpenyakit," kata Yuri dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta, Minggu (7/6/2020).

Karena itu lah pemerintah kembali mengatakan terkait pentingnya menjaga jarak satu dengan yang lainnya. Tentunya hal itu untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Itu lah sebabnya jaga jarak jadi hal penting, gunakan masker penting. Apabila ini bisa dipahami, kita tahu pasti tidak ada kerumunan sehingga semuanya tertib," ungkap Yuri.

Lebih jauh Yuri kembali mengimbau terkait kebiasaan hidup bersih saat ini dan seterusnya. Jika kehidupan bersih mulai dibiasakan, lama kelamaan orang-orang akan terbiasa dengan tata cara hidup yang bersih dan dapat terhindar dari penyebaran virus corona.

"Basis keluarga akan jadi faktor sangat menentukan keberhasilan ini. Apabila di keluarga tertanam kebiasaan baru, kebiasaan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan sudah tertanam baik, kita meyakini pengendalian Covid-19 akan efektif kita kendalikan," pungkas Yuri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X