Mantan Menteri Indonesia Mari Elka Resmi Jadi Direktur Bank Dunia

- Jumat, 10 Januari 2020 | 09:51 WIB
Mari Elka Pangestu (Twitter/@DavidMalpassWBG)
Mari Elka Pangestu (Twitter/@DavidMalpassWBG)

Mantan Menteri Perdagangan di era kepemimpinan SBY, Mari Elka Pangestu resmi menjabat sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia.

Penunjukan Mari Elka sebagai direktur bank dunia diumumkan oleh Presiden Bank Dunia David Malpass.

Malpass mengatakan bahwa Mari adalah ekonom dan peneliti yang diakui secara global. Mari dinilai mampu mengatasi masalah pembangunan dan pengentasan kemiskinan. Malpass juga menyebut penetapan Mari bisa membantu dan mendukung bank dunia.

"Pengalamannya sebagai menteri senior, sekaligus ekonom dan peneliti yang diakui secara global, bersama dengan pengalaman kepemimpinannya yang luas dan keterlibatannya dalam forum-forum internasional tentang masalah pembangunan akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan kami di Bank Dunia dalam mendukung pertumbuhan dan pengentasan kemiskinan," demikian kata Mallpas di situs resmi Bank Dunia.

Mari sendiri saat ini menjadi Ketua Dewan Pengawas Lembaga Penelitian Kebijakan Makanan Internasional (IFPRI) di Washington.

Selain itu, dia juga aktif sebagai penasihat Komisi Global Geopolitik Transformasi Energi Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) di Abu Dhabi.

Nantinya, tugas Mari adalah mengawasi kelompok riset dan data Bank Dunia (DEC) serta hubungan Eksternal dan korporat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X