The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Istri Bunuh Suami, Psikolog : Istri Cemburu Bisa Bersikap Irasional
Istri Bunuh Suami, Psikolog : Istri Cemburu Bisa Bersikap Irasional (Pixabay / PublicDomainPictures)
News

Istri Bunuh Suami, Psikolog : Istri Cemburu Bisa Bersikap Irasional

Jangan bikin istri emosi makanya!

Jumat, 10 Januari 2020 07:05 WIB 10 Januari 2020, 07:05 WIB

INDOZONE.ID - Kasus istri bunuh suami kembali mencuri perhatian. Setelah sebelumnya ada Aulia Kesuma, yang membunuh suami dan anaknya dengan membakar mobil, kini kasus tersebut ada lagi di Medan dimana Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan Jamaluddin, dibunuh istrinya sendiri. 

Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Martuani Sormin Siregar mengatakan dalam pengungkapan kasus pembunuhan Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan Jamaluddin, tim penyidik memeriksa sebanyak 50 orang.

"Dalam pengungkapan ini, kami periksa 50 orang sebagai saksi," katanya di Medan, seperti dikutip Antara, Rabu (8/1/2020) Dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan 50 orang saksi tersebut, kata Martuani, tiga orang ditetapkan sebagai tersangka. Tiga tersangka pembunuhan tersebut yakni JP, RF, dan ZH. Satu dari tiga tersangka itu adalah istri korban yang juga merupakan otak pembunuhan," teganya beberapa waktu lalu.

Psikolog Klinis Forensik, dra. A. Kasandra Putranto angkat bicara.menanggapi kasus Zuraida Hanum yang membunuh suaminya Jamaluddin yang juga hakim PN Medan.

Menurut Kasandra, kasus-kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seorang istri terhadap suaminya biasanya disebabkan cemburu, harta, hingga kehadiran perempuan lain.

"Tidak ada fenomena baru, dari dulu sebenarnya juga banyak kasus ini, terkait kesehatan mental mungkin ada juga tapi tidak secara spesifik," ujarnya kepada Indozone, Kamis (9/1/2020).

Diluar kasus ini, ada stereotip berkembang bahwa menjadi istri kedua kerap memiliki perasaan tidak nyaman dalam kehidupan perkawinannya, belum lagi ketika ia berhadapan dengan istri pertama. Sehingga ada anggapan istri kedua kerap membunuh suami,

Terkait itu, Kasandra membantahnya. 

"Mengenai kekhawatiran bahwa suaminya akan mencari perempuan lain dan masalah yang menimpa dia, saya kira faktor istri bunuh suami bukan karena posisi bahwa sebagai istri kedua,"

Menurut Kasandra, pembunuhan Hakim PN Medan Jamaluddin adalah salah satu kasus tindak kirimainal yang ada dalam rumah tangga.

Dalam setiap konseling atau kasus yang pernah ditangani, Kasandra sebut banyak juga istri kedua yang tidak cemburuan dan tidak berbuat nekat.

"Enggak juga sih, namun saya bisa pastikan istri yang cemburu itu ya bisa bertindak irasionial seperti itu," tegasnya.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Ade Indra
Ade Indra

Ade Indra

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US